Mengetahui Fakta, Manfaat dan Jenis Tulip Bagi Kesehatan Lengkap

Jenis Bunga tulip atau dalam bahasa latinnya, yakni tulipa dan merupakan jenis tumbuhan berbunga yang juga termasuk ke dalam keluarga liliaceae. Bunga tulip tersebut asalnya dari Asia Tenggara, tumbuh liar di pegunungan pamir dan pegunungan hindu kush, serta di stepa di Kazakhstan. Selain itu, bunga tulip ini juga cukup terkenal sekali di Belanda. Bunga tulip bahkan termasuk sebagai bunga nasional Iran dan Turki.

Menariknya, bunga tulip juga disebut sebagai tumbuhan tahunan berumbi yang memiliki tinggi sekitar 10 cm – 70 cm, berdaun lilin yang berbentuk sempit dan memanjang dengan berwarna hijau bernuansa kebiru – biruan sehingga tampak begitu cantik. Bunga dari tulip ini memiliki ukuran cukup besar dan terdiri dari 6 helai daun mahkota.

Baca Juga : Gambar Bunga Tulip Cantik

Bunga tulip hasil persilangan hasilkan bunga yang berwarna tunggal, oranye, merah, kuning, ungu, biru, hijau, atau pun berbagai macam perpaduan serta gradasi warna yang cantik. Bunga tulip juga hasilkan biji – biji yang berbentuk bundar dan pipih yang dibungkus oleh kapsul kering. Tidak jauh berbeda seperti halnya bunga lily, bunga anggrek, bunga peony, dan bunga mawar, bunga tulip ini termasuk tanaman bunga yang paling banyak dibudidayakan oleh manusia.

Fakta Tentang Bunga Tulip yang Harus Diketahui

Bunga Tulip

  • Walaupun banyak yang menganggap jika bunga tulip ini adalah bunga Belanda, akan tetapi sebenarnya bunga tulip tersebut berasal dari Asia Tenggah, termasuk Turki.
  • Bunga tulip asalnya dari bahasa Persia, yakni Delband. Yang memiliki arti sebagai turban. Karena bentuknya yang mirip seperti turban.
  • Bunga tulip sudah ditanam sejak 500 tahun lalu.
  • Bunga tulip ini pertama kalinya dikenalkan di Eropa pada tahun 1554 lewat sebuah hadiah dari Ottoman Empire.
  • Bunga tulip ternyata pernah jadi bunga yang paling terkenal dan banyak dicari pada saat dikenalkan di Belanda di tahun 1600 silam.

 

  • Bunga tulip juga pernah jadi bunga paling mahal di dunia.
  • Di tahun 1696 silam, bunga ini jadi barang keempat terbanyak yang diekspor Belanda.
  • Setidanya ada sekitar 3 ribu varietas bunga tulip di dunia dengan 14 kelompak nama yang super cantik.
  • Ada festival bunga tulip yang diadakan di setiap tahunnya di beberapa negera, termasuk halnya di Utah, Kanada, dan Belanda.
  • Bunga tulip ternyata bisa dikonsumsi. Misalnya saja dengan mencampurkan bunga tulip ini ke dalam salad, atau dikonsumsi sebagai hidangan penutup.
  • Bunga tulip baru ada di Amerika Seriakt di akhir tahun 1800.
  • Beberapa jenis bunga tulip memiliki bau seperti namanya, misalnya saja untuk jenis apricot beauty yang aromanya mirip dengan buah apricot.

Jenis – Jenis Bunga Tulip Lengkap

Jenis bunga tulip triumph

tulip triumph

Untuk jenis bunga tulip yang pertama ini adalah hasil hibrida single early dengan jenis – jenis yang lambat berbunga. Bentuk dari bunga tulip tersebut bulat telur khas bunga tulip, memiliki batang cukup kuat dan bunga yang dapat bertahan dalam kondisi cuaca buruk sekalipun.

Jenis bunga tulip ini banyak sekali digunakan untuk bunga potong. Memiliki tinggi sekitar 25 cm – 41 cm, bunga tulip dengan jenis ini umumnya berbunga di pertengahan bulan April. Kultivar ini memiliki warna yang cukup beragam, misalnya saja ungu, campuran merah dan kuning, putih, merah, coklat, campuran ungu dan putih, serta warna merah tua dengan pinggiran kuning.

bunga tulip Jenis darwin hybrid

tulip darwin hybrid

Lalu untuk jenis selanjutnya ini dikenal setelah perang dunia ke-22, dan merupakan hasil dari hibrida antara bunga tulip fosteriana yang berukuran besar dengan darwin. Jenis bunga tulip tersebut memiliki bunga yang cukup besar sekali dibandingkan jenis bunga tulip yang lain, sehingga kerap kali ditanam sebagai tanaman bunga cantik di depan atau pun belakang rumah.

Menariknya lagi, bunga tulip jenis ini biasanya juga diproduksi besar – besaran sebagai bunga potong. Bunga tulip dengan memiliki tinggi sekitar 30 cm – 51 cm tersebut biasanya akan berbunga di pertengahan bulan April dan memiliki variasi warna bunga yang tak terlalu banyak, yakni merah jambu, apeldoorn, dan merah.

Jenis bunga tulip greigii

Jenis bunga

Lalu untuk jenis berikut ini memiliki batang yang sangat kokoh sekali, dan bunga berukuran sedang yang terbuka cukup lebar di bawah sinar matahari. Hal tersebut memperlihatkan bahwa dasar bunga ini memiliki warna yang cantik, yakni berwarna tua hingga hitam. Selain itu, jenis bunga tulip ini memiliki daun bermotif khas, seperti halnya garis – garis atau pun corak warna unggu. Jenis bunga tulip greigii umumnya akan berbunga di awal bulan April dan memiliki tinggi sekitar 20 cm – 30 cm.

bunga tulip Jenis single late

single late

Ternyata semua kultivar dari jenis bunga tulip ini memiliki batang yang kuat dan panjang. Jenis tersebut adalah kumpulan dari jenis – jenis seperti darwin, breeder, dan juga cottage yang masing – masing ciri kekhasannya sudah hilang akibat hasil hibridisasi. Tinggi bunga tulip jenis ini sekitar 37 cm – 76 cm dan akan berbunga di akhir bulan April. Jenis bunga tulip single late tersebut merupakan salah satu kultivar ile de france yang bisa berbunga lebih cepat dibandingkan jenis bunga tulip lainnya.

bunga tulip double late

bunga tulip belanda

Kemudian untuk jenis bunga tulip ini memiliki sebutan sebagai peony flowered tulip, sebab punya bunga seperti bunga peony. Bunga dari jenis tulip tersebut besar – besar dan dengan daun mahkota yang berlapis – lapis. Jenis bunga tulip tersebut harus ditanam di tempat yang terlindungi, sebab bunganya yang berukuran besar ini ternyata tidak tahan hujan yang lebat dan angin kencang.

Tinggi dari bunga tulip jenis tersebut sekitar 30 cm – 41 cm dan akan berbunga di akhir bulan April. Jenis bunga tulip ini bahkan hanya punya beberapa kultivar, seperti putih merah jambu, putih, bagian bawah merah jambu, dan bagian atas putih.

bunga tulip jenis lily flowered tulip

sejarah bunga tulip

Jenis bunga tulip ini memiliki batang yang panjang dan bunga dengan tepian daun mahkota yang terbelah serta runcing, sama seperti bunga lily. Di jaman dulu biasanya jenis bunga tulip memiliki bentuk bunga yang seperti ini. asalnya dari spesies tulip acuminata akan tetapi memiliki batang yang sangat kuat. Terkenal sebagai bunga potong, bunga tulip tersebut memiliki tinggi sekitar 36 cm – 76 cm dan akan berbunga di akhir bulan April.

Jenis bunga tulip fringed group

ciri-ciri bunga tulip

Untuk jenis yang berikut ini biasanya memiliki daun mahkota yang bagian tepiannya seperti diberi hiasan kristal, atau pun rumbai – rumbai yang cantik. Bunga tulip tersebut tampak begitu elok dan tahan lama. Tinggi bunga ini sekitar 20 cm – 76 cm dan akan berbunga di akhir bulan April. Biasanya bunga tulip jenis tersebut merupakan mutan dari jenis single late. Bunga tulip crystal beauty dengan bunga berwarna merah adalah mutan dari apeldoorn yang membentuk hiasan seperti kristal di bagian tepi daun mahkota.

bunga tulip Jenis viridiflora

bunga tulip Jenis viridiflora

Ini adalah jenis bunga tulip yang masih kerabat dekat dengan single late. Bunga tulip tersebut memiliki garis hijau di bagian daun mahkotanya yang dimulai dari bagian dasar bunga hingga ke tepi atas daun mahkota. Jenis bunga tulip viridiflora ini memiliki umur cukup panjang sekali, dan bunganya kerap sekali digunakan sebagai bunga potong. Jenis bunga tulip yang memiliki tinggi sekitar 41 cm – 61 cm tersebut biasanya akan berbunga sempurna di akhir bulan April.

Jenis bunga tulip rembrandt

bunga tulip di indonesia

Lalu untuk jenis ini termasuk keturunan dari darwin yang ternyata terjadinya perubahan warnanya disebabkan oleh beberapa jenis virus. Awalnya orang memang tidak tahu bahwa warna yang motif menawan seperti coretan kuas disebabkan oleh virus, sehingga bunga tulip dengan jenis ini diperdagangkan dengan harga fantastis sejak abad ke-17 – 18. Bunga tulip dengan jenis tersebut yang berpenyakit sudah tak ada lagi dan digantikan oleh jenis rembrandt yang bebas penyakit. Umumnya akan berbunga di akhir bulan April.

Jenis bunga tulip parrot

deskripsi u=bunga tulip

Jenis ini umumnya dikenali dengan melihat bagian daun mahkotanya yang mirip seperti bulu unggas. Jenis bunga tulip tersebut sebanyak 99 persen merupakan perubahan dari jenis bunga tulip yang lainnya. Konon ada teori yang mengatakan bahwasannya daun mahkota seperti ini disebabkan oleh pemisahan daun mahkota yang tak sempurna.

Jenis yang ada sekarang ini punya batang cukup kuat, sementara itu jenis yang ada di jaman dulu punya batang yang lemah. Selain itu, warnanya pun bisa bermacam – macam, akan tetapi di bagian tengah daun mahkotanya terdapat bercak – bercak berwarna hijau. Jenis tersebut cukup rentan terhadap cuaca buruk dan harus ditanam di tempat terlindungi. Memiliki tinggi sekitar 31 cm – 41 cm, jenis bunga tulip tersebut biasanya berbunga sempurna di akhir bulan April.

Varietas bunga tulip jenis single early

bunga tulip mekar

Jenis bunga tulip ini biasanya memiliki bunga dengan 6 daun mahkota saja, dan akan berbunga di awal bulan April. Jenis tersebut adalah keturunan dari jenis duke van thol. Tanaman yang cenderung pendek, tinggi tanaman ini sekitar 20 cm – 30 cm.

Jenis bunga tulip kaufmaniana

bunga tulip putih

Jenis ini adalah bunga tulip yang dikembangkan dari spesies tulipa kaufmanniana asal Turkestan. Bunga tulip dengan jenis tersebut biasanya akan berbunga sangat awal sekali, di Washington D. C saja kadang – kadang sudah berbunga di awal bulan Maret. Memiliki batang pendek, dan bunga yang terbuka lebar di bawah sinar matahari, sehingga bunga tulip dengan jenis ini tampak seperti bintang bersegi enam. Berbunga di awal bulan April dan meiliki tinggi sekitar 10 cm – 20 cm.

bunga tulip Jenis fosteriana

ciri-ciri bunga tulip

Untuk jenis yang terakhir ini adalah jenis bunga tulip yang bisa dibilang paling mudah berkembangbiak. Ini adalah hibrida berbagai jenis tulip yang asalnya dari Asia Tengah. Jenis bunga tulip fosteriana biasanya akan berbunga di sekitar awal bulan April dan memiliki tinggi sekitar 25 cm – 51 cm.

Manfaat Bunga Tulip Bagi Kesehatan

khasiat bunga tulip

Sebenarnya kegunaan dari bunga tulip ini tak hanya terletak dari segi penampilannya saja yang cantik dan elok, akan tetapi juga dari manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Bunga tulip tersebut ternyata mengandung banyak sekali senyawa alami yang dipercaya akan membantu dalam mencegah penyakit. Mungkin saja Anda akan cukup kesulitan sekali dalam menemukan dan menanam jenis bunga tersebut, sebab cuaca yang cocok untuk menanam bunga tulip adalah cuaca dingin. Anda bisa menemukan jenis bunga ini dengan sangat mudah di daerah – daerah pegunungan.

Nah, agar Anda tidak sampai salah dalam memahami manfaat bunga tulip, berikut ini akan kami bagikan rincian penjelasan lengkapnya tentang beberapa manfaat bunga tersebut bagi kesehatan Anda. Berikut informasinya.

Untuk mencegah anemia

Manfaat bunga tulip bagi kesehatan yang pertama adalah untuk mencegah penyakit anemia. Kandungan senyawa yang ada di dalam bunga tersebut ternyata cukup ampuh sekali untuk meminimalisir munculnya anemia di tubuh. Anda pastinya tidak akan mudah lagi merasa keletihan atau kelelahan.

Untuk mengatasi memar di tubuh

Manfaat bunga tulip selanjutnya ternyata juga ampuh untuk atasi memar yang muncul di tubuh. Memar adalah akibat dari benturan yang mengenai tubuh Anda, serta membuat sebagian darah Anda jadi membeku. Bunga cantik dan elok tersebut nantinya akan mengatasi pembekuan darah yang terjadi.

Untuk melancarkan aliran darah

Bunga tulip ternyata juga bermanfaat sekali untuk membuat aliran darah Anda jadi lancar. Kandungan senyawa alami yang ada di dalam bunga tersebut bisa membuat darah Anda menyebar dengan sempurna dan rata ke seluruh bagian tubuh dalam pembuluh darah.

Untuk mencegah kanker darah

Manfaat bunga tulip yang tak kalah pentingnya yakni ampuh untuk cegah penyakit kanker, khususnya kanker yang menyerang darah di dalam tubuh Anda. Bunga tersebut memiliki kandungan alami yang cocok untuk jadi anti kanker alami.

Untuk mengatasi sakit punggung

Manfaat lain bunga tulip adalah sebagai obat untuk atasi sakit yang terasa di bagian punggung. Apabila Anda memang cukup sering alami sakit punggung karena terlalu banyak kegiatan di luar ruangan, maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan bunga tulip ini sebagai solusinya.

Untuk mengatasi pegal linu

Apabila Anda kerap kali alami rasa pegal dan linu, maka Anda bisa mencoba mengatasinya dengan cara memanfaatkan khasiat bunga tulip. Bunga yang tak hanya cantik dan elok tersebut memiliki manfaat kesehatan yang akan redakan nyeri di punggung Anda.

Sebagai anti parasit dalam darah

Kegunaan bunga tulip dalam darah Anda juga akan bantu usir parasit yang masuk ke dalam darah. Parasit dalam darah bisa menimbulkan efek cukup berbahaya sekali, yakni bisa menimbulkan banyak sekali penyakit.

Untuk mencegah letih dan lesu

Silakan coba atasi letih dan lesu Anda dengan menggunakan bunga tulip. Kandungan yang ada di dalam bunga tulip ini ternyata bisa mencegah rasa letih dan lesu yang muncul di tubuh Anda. hasilnya, stamina Anda pun akan tetap terjaga dan tidak mudah loyoh.

Sebagai antioksidan alami

Bunga tulip merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki sifat antioksidan alami. Sifat tersebut adalah fungsi untuk melindungi tubuh dari efek yang ditimbulkan oleh radikal bebas. Beberapa jenis penyakit dari radikal bebas dapat dicegah sejak dini dengan memanfaatkan khasiat bunga tulip.

Untuk mencegah penyakit penyumbatan pembuluh darah

Jenis penyakit satu ini pada dasarnya bisa menyerang tubuh Anda karena faktor tertentu. Nah, untuk mencegahnya mulai dari sekarang Anda harus mencoba khasiat dan manfaat bunga tulip. Bunga tersebut nanti akan membantu melindungi kesehatan pembuluh darah Anda.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang mengetahui fakta, jenis, dan manfaat bunga tulip bagi kesehatan lengkap. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment