Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Cepat Dan Ampuh

5/5 (1)

Cara Menghilangkan Stretch Mark – Ketika setelah melahirkan atau mengalami penurunan berat badan drastis biasanya akan muncul guratan pada kulit di beberapa bagian tubuh seperti perut, bokong, atau paha, yang biasa disebut sebagai stretch mark. Stretch mark timbul karena terjadinya peregangan kulit secara berlebihan dan cepat sehingga kolagen terdistorsi dan tidak dapat mengembalikan kulit ke bentuk asli.

Meski biasanya terjadi di bagian tubuh yang tertutup, tetap saja keberadaan stretch mark menjadi hal yang mengganggu dan meresahkan bagi sebagian orang. Namun tak perlu khawatir, karena Anda dapat menyamarkan stretch mark dengan cara alami dan mudah. Berikut ini tipsnya:

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

1. Minyak vitamin E Menghilangkan Stretch Mark dengan Ampuh

cara menyamarkan luka

Vitamin E memiliki segudang khasiat bagi kesehatan kulit, termasuk untuk menyamarkan stretch mark. Kandungan yang ada pada vitamin E dapat memperbaiki sel-sel yang rusak pada kulit sehingga stretch mark dapat lebih cepat tersamarkan.

Vitamin E juga memberikan manfaat lain yang baik bagi tubuh, seperti untuk mencegah mata dari risiko katarak, mencegah penuaan dini, hingga minjaga kesehatan rambut. Untuk itu, sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi minyak vitamin E secara teratur sebagai upaya untuk menutrisi kulit dari dalam.

Baca Juga:  Cara Supaya Cepat Tidur Di Malam Hari (Nyaman plus Mimpi Indah)

2. Minyak jarak Membantu Menyamarkan Stretch Mark

cara menghilangkan luka

Minyak jarak sudah lama dikenal sebagai cara tradisional untuk menghilangkan stretch mark pada ibu pasca melahirkan, bahkan masih digunakan hingga saat ini. Minyak jarak memang diperkaya oleh kandungan yang baik untuk merawat stretch mark, seperti vitamin E dan asam risinoleat.

Oleskan minyak jarak pada area stretch mark dan ikuti dengan pijatan lembut. Hal ini dapat membuat minyak jarak lebih cepat meresap ke kulit dan merangsang sel kulit untuk beregenerasi.

3. Dengan Lemon Stretch Mark Lebih Cepat Hilang

Lemon menjadi salah satu bahan yang efektif dalam membantu mengurangi stretch mark, karena diperkaya dengan berbagai kandungan yang baik untuk kulit. Vitamin C yang banyak terkandung dalam lemon berguna sebagai anti-oksidan dan dapat meningkatkan kolagen sehingga kulit lebih elastis. Selain itu, ada pula kandungan asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas.

Lemon juga dapat mempercepat proses regenerasi kulit dan merupakan bahan eksfoliasi yang baik bagi kulit, dengan begitu sel-sel kulit mati yang ada pada area stretch mark bisa terangkat dengan efektif.
Penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan perasan lemon secara langsung ke area stretch mark. Kemudian diamkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

4. Putih telur Bahan Alami yang Mudah di Dapat

Bahan Alami untuk Menghilangkan Stretch Marks

Putih telur yang kaya akan protein dan merupakan sumber mikronutrien dipercaya dapat mencerahkan, mengenyalkan, dan memperbaiki struktur kulit. Kolagen yang ada pada putih telur juga dapat membuat kulit lebih elastis sehingga mudah diperbaiki. Jika digunakan dengan rutin, stretch mark bisa tersamarkan dalam beberapa minggu.

Caranya cukup mudah, pertama Anda perlu memisahkan putih telur dari kuningnya. Kemudian aduk putih telur hingga cairan cukup berbusa dan oleskan pada kulit yang mengalami stretch mark secara merata. Saat mengaplikasikan, Anda perlu melakukannya dengan cepat karena putih telur cepat mengering.

Baca Juga:  7 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Dengan Cepat Dan Permanen

Tunggu hingga beberapa menit hingga telur benar-benar mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Setelah menggunakan putih telur Anda juga bisa memijat stretch mark dengan beberapa tetes minyak zaitun agar sirkulasi darah lancar dan kulit tetap lembab.

5. Aloe vera Cukup Ampuh Menghilangkan Stretch Mark

cara menyamarkan luka

Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai bahan yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan menenangkan kulit. Aloe vera juga dapat mengembalikan elastisitas alami kulit sehingga stretch mark dapat tersamarkan.

Untuk menghilangkan stretch mark dengan aloe vera, Anda bisa mengaplikasikan gel aloe vera yang berwarna bening secara langsung pada kulit. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Anda juga bisa menyimpan aloe vera di lemari es sebelum digunakan, agar dapat memberi sensasi dingin dan menenangkan saat diaplikasikan pada stretch mark.

Apa itu Stretch mark dan Penyebabnya

Stretch mark adalah kondisi di mana muncul guratan-guratan merah kayak nadi yang panjannyag bisa bermilimeter sampe sentimeter. Stretch mark umumnya ada sebab adanya peregangan kulit secara berlebihan.

Namun, nyatanya stretch mark jua dapat terjadi disebabkan hal-hal lain. Apa aja itu? Berikut beberapa yang jadi penyebab adanya stretch mark, supaya jelasnya simak ini!

1. Obesitas

Obesitas yang terjadi pada waktu yang cepat bisa berefek adanya stretch mark pada tubuh. Biasanya, stretch mark akan muncul di sekitar perut, bokong, serta paha. Tidak hanya itu, stretch mark pada pria umumnya akan muncul saat tubuh menjadi kembali kurus yang mana kulit jadi terlihat seolah-olah rusak.

2. Pertumbuhan saat masa puber

Ketika memasuki masa puber, tanda seks sekunder serta primer akan mulai nampak muncul dengan signifikan. Pertumbuhan itu tak jarang memengaruhi adanya stretch mark dalam jumlah yang tak sedikt. Umumnya kondisi ini terjadi pada anak-anak tumbuh tingginya cepat serta gampang naik atau turun berat badannya.

Baca Juga:  4 Cara Mengeluarkan Dahak dan Lendir pada Bayi

3. Obat steroid

Mengonsumsi obat-obatan yang punya kadar steroid tinggi dapat menjadi sebab munculnya stretch mark. Perihal ini disebabkan kandungan steroid yang tinggi bisa menjadi pengaruh meningkatnya hormon tertentu yang mana tubuh mengalami peregangan serta memunculkan adanya stretch mark.

4. Melahirkan

ketika tubuh sedang mengandung, kebanykan kulit di daerah pinggang serta perut dan paha akan mengalami peregangan. Efeknya, seusai selesai melakukan proses persalinan tentunya badan akan kembali seperti semula tapi kulit yang meregang lantas meninggalkan bekas atau stretch mark.

5. Peningkatan massa otot

Punya badan yang proporsional dengan otot di berbagai anggota tubuh pastinya akan menjadikan penampilan lebih sempurna. Oleh sebab itu, gak sedikit orang yang pergi ke tempat olahraga agar punya badan ideal yang mereka impikan.

Kurangnya, saat tubuh udah terbentuk dengan sempurna dan kamu gak mempertahankannya, hal ini malah dapat membuat jelek penampilan. Soalnya, kulit yang telah meregang nantinya menjadi kendur dan menimbulkan stretch mark.

Itu lah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab munculnya stretch mark pada tubuh. Kalo kondisi ini sudah terjadi, segera atasi supaya penampilan kamu gak jelek karenanya.

Apakah artikel ini Bermanfaat?

Leave a Comment