Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mudah dan Permanen

Cara Menghilangkan Kutu Rambut – Gejala kutu rambut merupakan suatu rasa gatal yang ada di kulit kepala. Hal ini tentu membuat penderita kutu rambut akan risih dan tidak nyaman dengan rasa gatal yang terus timbul di bagian kepala mereka. Apalagi jika saat berada di luar rumah dan tempat umum.

Kutu rambut sendiri adalah serangga kecil tak bersayap yang menghisap darah, yang tinggal dan hinggap di kepala manusia. Ukuran kutu rambut dewasa pada umumnya sebesar biji wijen, sedangkan telur mereka seukuran serpihan kecil ketombe.

Kutu rambut memiliki sifat menular. Penularan ini dapat diakibatkan oleh beberapa hal. Seperti dari menyentuh kepala seseorang yang terinfeksi kutu, atau berbagi barang yang sama dengan orang yang memiliki kutu rambut, terutama sisir, helm, topi, handuk, atau seprai.

Para penderita yang telah terinfeksi tentu saja ingin kutu rambut tersebut hilang total dengan cepat. Studi yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menjelaskan bahwa menghilangkan telur kutu tidak ada gunanya, meski jika menggunakan sisir kutu dapat membantu.

Berbagai Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa cara mudah dan efisien yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut.

1. Metode sisir basah

cara menghilangkan kutu rambut pada anak

Menyisir rambut saat basah merupakan salah satu cara tradisional yang dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut. British Medical Journal mengatakan bahwa metode tersebut berguna agar kutu yang hinggap di rambut dapat terlihat dengan jelas, dan membantu membedakan mereka dengan ketombe.

Teknik ini dilakukan dengan penyemprotan kondisioner pada helai rambut yang basah, dan menggunakan sisir bergigi yang halus untuk memeriksa tiap-tiap helai rambut dengan jelas untuk membuang kutu satu per satu.

Baca Juga:  6 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

Metode menyisir basah ini memang efektif, namun juga memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan kesabaran yang cukup untuk mencari dan menghilangkan kutu di tiap helai rambut.

2. Menghilangkan kutu Rambut dengan minyak atsiri

cara mengusir kutu
pixabay.com

Minyak atsiri atau yang juga biasa dikenal dengan sebutan minyak esensial merupakan jenis minyak nabati. Beberapa minyak esensial telah terbukti efektif dalam menghilangkan kutu, berbarengan dengan menyisir helai rambut.

Beberapa minyak esensial yang telah menunjukkan keefektifannya dalam menghilangkan kutu rambut yaitu minyak tea tree, minyak lavender, minyak mimba, minyak cengkeh, minyak kayu putih, dan lain sebagainya.

Untuk menggunakannya, campurkan 15-20 tetes minyak atisir dengan 2 ons minyak zaitun. Setelah itu, oleskan campuran cairan tersebut ke kulit kepala dengan bantalan kapas (cotton balls) dan biarkan selama kurang lebih 12 jam. Jangan lupa untuk menyisir, lalu cuci kepala dengan sampo dan bilas.

3. Melakukan pengobatan

cara membasmi kutu rambut alami dengan cepat

Terdapat beberapa pengobatan atau treatment yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutu rambut. Beberapa pengobatan yang efektif menghilangkan kutu yaitu dengan losion malathion (ovide), ivermectin (sklice), spinosad (natroba), benzil alkohol (ulesfia), dan lindane (kwell dan thionex).

Pada umumnya, treatment tersebut dioleskan ke bagian kulit kepala, tunggu hingga beberapa menit dan bilas dengan air. Dan ada baiknya untuk memperhatikan lebih lanjut cara dan anjuran pemakaian serta efek samping dari losion tersebut sebelum digunakan untuk pengobatan menghilangkan kutu rambut.

4. Bersihkan barang-barang yang ada di sekitaran rumah

cara membasmi kutu rambut permanen

Kutu rambut sebenarnya tidak akan hidup jauh dari kulit kepala, dan telur kutu juga tidak akan menetas pada lingkungan dengan suhu kamar. Dengan ini, membersihkan rumah secara keseluruhan tidak efektif.

Namun, bersihkan dan cucilah barang-barang di rumah yang mungkin terdapat kutu di dalamnya seperti topi, sarung bantal, dan sisir. Boneka dan barang-barang lainnya yang tidak dapat dicuci bisa dibungkus saja dengan plastik.

Untuk pencucian, taruhlah barang yang terkena kutu di dalam air panas sedikitnya 54 derajat celcius. Setelah itu, keringkan selama 15 menit atau lebih. Kutu yang jatuh ke lantai dapat dibersihkan dengan penyedot debu. Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Baca Juga:  7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Ini Bahaya Kutu Rambut Jika Tidak Segera di Hilangkan

Bahaya kutu rambut Sejatinya tidak perlu terlalu dipikirkan. Memang benar jika keberadaan hewan satu ini dapat mengganggu penampilan dan kenyamanan seseorang sebab kerap membuat kepala menjadi gatal. Tapi kutu rambut tidak membahayakan kesehatan secara langsung. Sebab walau mengisap darah manusia, namun kutu rambut tidak sama dengan kutu badan yang dapat membawa dan menularkan penyakit.

Meski begitu, tidak berarti kutu rambut boleh dibiarkan begitu aja. JIka kamu atau anggota keluarga lain yang terkena, maka cepat-cepatlah mencari cara menghilangkannya. Selain mudah menular sebab kutu dapat merambat ketika kepala bersentuhan dengan kepala atau media lainnya, kutu rambut lagi dapat menimbulkan gangguan lain.

Berikut beberapa bahaya kutu rambut yang dapat ditimbulkannya:

Dapat merusak Kualitas tidur

Gimana dapat tidur dengan nyaman kalo kepala merasa gatal melulu? kalau sudah begini, maka kesehatan tubuh akan terganggu. Bisa jadi rawan mengalami kecelakaan lalu lintas saat berkendara, kurang tidur juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti: marah, Tekanan darah tinggi, Melemahnya kekebalan tubuh

Impetigo

Bahaya kutu rambut yang paling ditakuti ialah infeksi dan diantaranya ialah impetigo. Impetigo adalah infeksi pada kulit yang disebabkan oleh bakteri streptococcus atau staphylococcus. Keberadaan bakteri di kulit sebenarnya bukanlah hal yang mengejutkan. Namun permukaan kulit yang mulus (tanpa lecet atau luka) merupakan penghalang utama agar bakteri tidak sampai masuk ke dalam tubuh.

Jadi bila kulit sampai tergores dan luka, maka bakteri dapat dengan sederhana masuk dan berkembang dalam tubuh sehingga memicu terjadinya infeksi.

Beda halnya dengan eksim, impetigo justru punya potensi menular yang cukup tinggi. Biasanya cara penularan impetigo terjadi saat kulit bersentuhan dengan kulit, ataupun media perantara lain yang terkontaminasi bakteri seperti baju, handuk, sendok, gagang pintu, dan lain sebagainya.

Kalau dilihat dari luka yang ditimbulkannya, impetigo dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu bulosa dan nonbulosa. Impetigo bulosa sering ditengarai dengan adanya lepuhan kecil di kulit yang berisi nanah, sedangkan impetigo nonbulosa punya gejala seperti bercah merah.

Dan kalo dibandingkan, impetigo nonbulosa nyatanya lebih menular daripada bulosa. Gejala serius lain yang mungkin mirip impetigo ialah demam serta membengkaknya kelenjar getah bening.

Baca Juga:  Cara Mudah Atasi Karang Gigi yang Membandel

Minder

Selain infeksi, bahaya kutu rambut lainnya lagi dapat disorot dari sisi psikologis. Bila seseorang tidak segera mendapatkan perawatan untuk menyingkirkan kutu di rambutnya, maka ia dapat menjadi sasaran pelecehan.

Tidak hanya dipermalukan, ia bahkan dapat dihina dan dijauhi atas kondisi rambutnya yang kurang bersih. Akibatnya bukan hanya kepercayaan dirinya saja yang menurun, namun lagi produktivitas dan prestasinya.

Infeksi pada kemaluan

Bahaya kutu rambut tidak hanya mengincar space kepala saja, namun lagi rambut sekitar space kemaluan. Biasanya penderita kutu rambut di kemaluan adalah orang dewasa, dan cara penularannya rata-rata melalui kontak seksual.

Media lain yang memungkinkan kutu untuk hidup dan merambat seperti handuk, baju, hingga seprei lagi dapat menularkan kutu rambut kalau itu sampai dipakai oleh orang lain. Dan sama halnya dengan kutu rambut di kepala, kutu rambut di sekitar organ intim lagi perlu segera disingkirkan agar tidak memicu infeksi pada space kemaluan.

Eksim

Salah satu gangguan kulit yang mungkin ada akibat rasa gatal disebabkan kutu rambut ialah eksim, ruam, koreng, dan semacamnya. Kalau parasit ini tidak segera dihilangkan, maka seseorang akan terus merasa gatal dikepalnya. Dan ini dapat mengakibatkan kulit lecet sehingga membuka peluang terhadap timbulnya eksim.

Eksim merupakan gangguan kulit yang memiliki ciri-ciri bengkak, radang, serta kemerahan. Biasanya eksim lagi disertai dengan rasa gatal. Walau tidak menular, namun penderitanya pasti akan merasa tidak nyaman.

Pediculosis capitis

Ketika kutu rambut menggigit kulit kepala untuk mengisap darah, maka ia lagi meneteskan air liur. Air liur inilah yang membuat kepala terasa gatal, bau, serta kotor. Karena itulah muncul bahaya kutu rambut yang berupa iritasi kulit akibat gigitannya yang biasa disebut dengan Pediculosis Capitis.

Setidaknya itulah beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kutu rambut, lantas adakah yang memiliki pengalaman khusus dengan bahaya kutu rambut?

Leave a Comment