Cara Mudah Atasi Karang Gigi yang Membandel

cara menghilangkan karang gigiPada istilah medis, kondisi plak gigi yang mengeras serta bertambah dikit demi sedikit dikenal dengan sebutan kalkulus. Penyebab Munculnya tidak lain karena adanya sisa makanan dan protein yang bercampur dengan bakteri di dalam mulut.

Jika plak yang terdapat bakteri ini tidak diperhatikan terus menerus tentu aja bisa merusak enamel gigi dan parahnya dapat menyebabkan kerusakan gigi secara permanen, menyebabkan peradangan pada gigi, bau mulut, bahkan dapat berisiko sebabkan penyakit jantung. Berikut beberapa makanan dan minuman yang memicu plak muncul dan menjadi penyebab karang gigi

Makanan dan Minuman Penyebab Karang Gigi

Minuman bersoda

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa minum soda berkarbonasi dalam jumlah besar dapat merusak gigi Kamu seperti menggunakan metamfetamin dan memecahkan kokain. Soda berkarbonasi memungkinkan terjadinya plak untuk menghasilkan lebih banyak asam.

Jadi, jika Kamu minum soda sepanjang hari, sebenarnya saat itu Kamu sedang melapisi gigi dengan asam. Tak hanya itu, minuman berbuih ini sebenarnya juga dapat mengeringkan mulut, artimya Kamu memiliki lebih sedikit air liur. Dan yang tak kalah penting, soda berwarna gelap dapat menghitamkan atau menodai gigi. Catatan lain yang perlu diingat, saat minum soda jangan menyikat gigi karena dapat mempercepat pembusukan gigi

Permen manis

Seperti yang kita ketahui bahwa bahwa permen adalah ‘musuh’ besar bagi kesehatan gigi dan mulut. permen jua menghasilkan lebih banyak asam yang lebih keras pada gigi. Terlebih lagi untuk permen yang kenyal, Soalnya dapat menempel pada gigi dalam waktu yang lama. Tidak mengherankan kalau permen cenderung jadi penyebab kerusakan pada gigi lebih cepat.

Jika Kamu ingin mengonsumsi makanan manis, pilihlah satu kotak cokelat, yang dapat Kamu kunyah dengan cepat dan dibersihkan dengan mudah.

Roti

Seperti yang telah dituliskan, bahwa bahan pati dapat menempel di gigi yang akhirnya menyebabkan plak menumpuk. Bahan pati ini biasanya memang digunakan sebagai pembuat roti. Saat Kamu mengunyah roti, air liur Kamu memecah pati menjadi gula. Sampai akhirnya berubah menjadi zat bergetah seperti pasta, kemudian roti dapat menempel pada celah di antara gigi.

Kondisi inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan gigi berlubang. Saat Kamu sedang ingin sekali makan roti, disarankan untuk memilih roti dengan gandum utuh yang kandungan gulanya lebih sedikit.  

Alkohol

Kita semua tahu bahwa minuman beralkohol tidak sehat. Tapi apakah Kamu juga menyadari bahwa saat mengonsumsi alkohol, mulut Kamu juga akan menjadi kering? Kondisi mulut kering ini sebenarnya disebabkan karena kurangnya air liur yang diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi.

Sejatinya Air liur mencegah makanan menempel pada gigi dan menyapu partikel makanan. Bahkan membantu memperbaiki awal kerusakan gigi, penyakit gusi, dan infeksi mulut lainnya. Supaya mulut Kamu tetap terhidrasi, pastikan selalu kebutuhan air tercukupi.

Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi dengan Efektif

Karang gigi atau kalkulus gigi merupakan plak yang sudah mengeras pada gigi. Plak terbentuk akibat sisa-sisa makanan dan kotoran yang tertinggal di gigi dan akhirnya menumpuk dan berubah menjadi karang.

Baca Juga:  7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Selain dapat membuat gigi tak enak dilihat dan menurunkan rasa percaya diri, karang gigi juga dapat berbahaya jika tidak ditangani. Beberapa penyakit dapat muncul, seperti peradangan gusi yang membuat gusi sensitif dan mudah berdarah. Jika dibiarkan lebih lanjut, peradangan gusi dapat menyebar ke tulang alveolar gigi dan membuatnya rusak. Masalah lainnya yang dapat muncul karena karang gigi adalah bau mulut tak sedap dan gigi berlubang.

Selain dengan melakukan perawatan ke dokter gigi, karang gigi juga dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal sederhana. Berikut adalah cara mudah atasi karang gigi:

1. Rajin menyikat gigi

cara menghilangkan karang gigi
Rajin Menyikat gigi merupakan cara simpel agar gigi tak berkarang

Penyebab utama dari terbentuknya karang gigi adalah karena kotoran dan sisa-sisa makanan yang dibiarkan menumpuk di gigi. Maka dari itu, cara terbaik untuk menghindari tumbuhnya karang gigi adalah dengan rajin menyikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari. Lakukan sikat gigi selama 2 menit, untuk memastikan gigi telah dibersihkan menyeluruh.

Gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus agar tak menyakiti gusi, dan ukuran kepala sikat yang sesuai dengan lebar mulut agar tak menyulitkan untuk menjangkau bagian belakang gigi. Perhatikan kebersihan sikat gigi dan jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali, karena sikat gigi yang lama tak diganti juga dapat menjadi sarang bakteri.

2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

pasta gigi untuk menghilangkan karang gigi
pilihlah pasta gigi yang tepat

Kandungan fluoride pada pasta gigi sangat penting karena dapat mengusir bakteri yang menempel pada gigi, sehingga karang gigi tak bisa berkembang. Fluoride juga dapat membuat enamel gigi menjadi lebih kuat dan tak berlubang. Selain fluoride, pasta gigi yang mengandung bahan antimikroba seperti zinc citrate dan triclosan juga efektif membantu memerangi karang gigi.

Baca Juga:  6 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

3. Flossing

Menyikat gigi saja tak cukup untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi. Terkadang, masih ada kotoran di area yang tak dapat dijangkau oleh sikat gigi yang akhirnya akan membuat bakteri menumpuk dan menyebabkan tumbuhnya karang gigi. Untuk menghindari hal tersebut, perlu dilakukan flossing atau membersihkan gigi dengan benang.

Selain untuk menghindari tumbuhnya karang gigi, rajin melakukan flossing juga dapat mencegah bau mulut dan gigi berlubang.

4. Gunakan obat kumur

Obat kumur tak hanya berfungsi untuk mengatasi bau mulut, namun juga bisa membantu mencegah penimbunan karang gigi. Dengan menggunakan obat kumur, gigi mendapat proteksi lebih dari bakteri pada mulut. Rutin menggunakan obat kumur juga dapat bantu mencegah gigi berlubang, dan radang pada gusi.

5. Menghilangkan Darang Gigi dengan Konsumsi Strawberry

cara menghilangkan karang gigi dengan strawberry

Buah mungil berwarna merah ini memiliki kandungan asam yang dapat memberisihkan gigi dan mulut dari berbagai sisa makanan dan bakteri. Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga dapat secara alami merontokkan karang gigi. Untuk itu, dianjurkan untuk rutin mengonsumsi buah stroberi untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut.

6. Kurangi makanan yang manis

Makanan dan minuman manis dan tinggi gula dapat membuat plak menghasilkan lebih banyak asam. Produksi asam yang berlebihan inilah yang bisa membuat bakteri pada mulut lebih lengket dan menjadi plak yang sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, kita harus menjaga apa yang kita makan agar tak menjadi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. cara menghilangkan karang gigi

Leave a Comment