Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Kilat Tanpa Bekas

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat masih menjadi masalah kulit yang dibenci oleh banyak orang. Alasannya, karena jerawat dapat mengganggu penampilan yang akhirnya membuat orang kehilangan rasa percaya diri. Ada banyak upaya yang dilakukan untuk memerangi jerawat, mulai dari dengan obat alami hingga perawatan ke dokter.

Namun ada beberapa cara sederhana yang dipercaya dapat membantu dalam melawan jerawat. Berikut adalah cara melawan jerawat yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

1. Mencuci wajah dua kali sehari

cara menghilangkan jerawat

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena bakteri yang menempel pada kulit dan produksi minyak berlebih. Untuk itu, jika ingin memiliki kulit yang bersih dan bebas jerawat kita harus menjaga kebersihan wajah. Pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari, yaitu pada malam dan pagi hari.
Mencuci wajah secara rutin tak hanya untuk menjaga kebersihan kulit, tapi juga dapat memberi banyak dampak baik untuk kulit. Seperti untuk mengecilkan pori-pori, membantu kulit dalam proses regenerasi, dan mendetoksifikasi racun.

2. Double-cleansing

cara menghilangkan jerawat secara alami

Sabun muka saja tak cukup untuk membersihkan wajah dari kotoran, untuk itu Anda perlu melakukan double-cleansing. Double-cleansing tak hanya diperlukan untuk mereka yang menggunakan make up, tapi juga bagi orang yang banyak melakukan aktivitas.

Baca Juga:  7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Untuk melakukan double-cleansing hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan debu dan kotoran dengan cleanser, seperti cleansing oil, cleansing milk, micellar water, atau makeup wipes. Kemudian bersihkan sisa-sisa kotoran dengan sabun cuci muka dan air.

3. Pakai produk anti jerawat

cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Dalam memilih produk perawatan wajah, Anda perlu memperhatikan kandungan yang ada pada produk tersebut. Pilihlah produk yang mengandung bahan anti jerawat seperti salicylic acid, benzoyl peroxide, dan masih banyak lagi. Untuk produk make up, pilihlah produk yang tidak menyumbat pori-pori atau non-comedogenic dan bebas minyak atau oil-free.

Anda juga harus berhati-hati terhadap beberapa kandungan, salah satunya adalah alkohol. Meskipun tak semua jenis alkohol tak baik bagi kulit, namun ada beberapa jenis yang sebaiknya dihindari seperti etanol, isopropyl alcohol, dan alkohol denat. Coconut oil juga termasuk dalam salah satu bahan yang harus dihindari untuk wajah berjerawat, karena memiliki sifat comedogenic yang dapat menyumbat pori-pori.

4. Jangan menyentuh wajah

cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Melihat jerawat yang sedang meradang di wajah terkadang membuat kita ingin menyentuh atau bahkan memencetnya. Padahal, itu dapat membuat jerawat berubah menjadi luka yang akhirnya memperlambat proses penyembuhan. Terlebih jika Anda menyentuh jerawat dengan tangan yang kotor, akan ada banyak bakteri yang berpindah dan memperparah kondisi jerawat atau bahkan menimbulkan jerawat baru.

5. Jaga kebersihan

cara menghilangkan jerawat dalam semalam

Debu dan kotoran penyebab jerawat ada dimana-mana, termasuk pada benda yang sehari-hari digunakan seperti bantal dan kuas make up. Cucilah kuas dan spons make up setiap 2-3 minggu sekali untuk menghindari bakteri menempel di wajah. Kebersihan sarung bantal dan sprei juga harus diperhatikan, karena ketika kita tidur akan ada banyak bakteri yang menempel pada wajah.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mudah dan Permanen

6. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan hal yang penting dilakukan. Fungsinya adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk dan menyumbat kulit. Eksfoliasi dengan scrub mungkin terlihat mengerikan untuk kulit yang sedang berjerawat karena dapat membuat kulit iritasi. Maka dari itu, eksfoliasi kimia menjadi metode eksfoliasi yang terbaik untuk kulit berjerawat.
Bahan-bahan yang biasanya digunakan sebagai eksfoliator kimia diantaranya adalah glycolic acid, lactic acid, dan salicylic acid. Cara Menghilangkan Jerawat

Kebiasan yang Menjadi Faktor Penyebab datangnya Jerawat

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jerawat diantaranya pori-pori tersumbat, perubahan hormon, serta jua kebiasaan merokok. Namun ada faktor lain yang jua menyebabkan timbulnya jerawat. Dilansir dari laman Boldsky, ini beberapa kebiasaan yang sering dilakukan serta tanpa disadari bisa menyebabkan jerawat

Sering menyentuh wajah

Tangan kita sering dikatakan sebagai sarang kuman, apalagi jika Nggak menjaga kebersihan tangan. Seringnya menyentuh wajah dengan tangan yang kotor bisa memunculkan kuman yang akan menjadikan wajah berjerawat. Jadi stop kebiasan menyentuh wajah untuk memastikan kulit Nggak terkena bakteri.

Stres dan Banyak Pikiran

Stres atau banyaknya tekanan akan menyebabkan masalah pada kulit serta jua menyebabkan jerawat. Stres bisa menimbulkan reaksi kimiawi di tubuh yang membuat kulit menjadi rentan serta sangat rawan mengalami masalah kulit.

Nggak membersihkan kuas untuk rias wajah

Perempuan kerap kali memakai kuas atau brush dalam merias wajah. Tapi, kuas yang Nggak dibersihkan akan menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan jerawat. Seharusnya bersihkan kuas secara rutin, terlebih kalo sering digunakan.

Menggunakan make-up kedalwarsa

Produk tata rias wajah punya tanggal kedaluarsa. Seharusnya sebelum menggunakan produk tata rias ini perhatikan tanggal kedaluarsanya agar Nggak menimbulkan jerawat. Untuk memastikannya Seharusnya buang produk tata rias yang sudah kedaluarsa.

Baca Juga:  Beberapa Cara menghilangkan Cegukan yang Anti Gagal

Nggak mengganti sarung bantal

Mungkin terlihat tak ada hubungannya, tapi diketahui sarung bantal menyebabkan jerawat. Sarung bantal kerap kali terkena kotoran yang akan menyebabkan kulit berjerawat. Seharusnya, ganti secara rutin sarung bantal agar Nggak terlalu banyak kotoran yang menempel diwajah.

Nggak mencuci muka sehabis berolahraga

Olahraga secara teratur diketahui punya manfaat bagi kesehaatan kulit. Namun, membiarkan keringat terlalu lama pada wajah sehabis berolahraga bisa menyebabkan jerawat. Hal itu disebabkan karena keringat akan menyumbat pori-pori kulit. Seharusnya bersihkan wajah sehabis berolahraga, sehabis itu bisa menggunakan pelembab yang ringan di kulit.

Rambut yang Berketombe

Orang yang punya masalah dengan rambut kayak ketombe biasanya punya juga masalah jerawat pada wajah.

Menggosok muka terlalu kencang

Salah satu perawatan yang sering dilakukan para wanita adalah ‘scrubbing’. Menggosok muka terlalu kencang dengan menggunakan scrub bisa menimbulkan jerawat. Lapisan kulit yang seharusnya melindung kulit akan mengelupas. Seharusnya menggosok kulit wajah secara perlahan agar Nggak menyebabkan iritasi.

Makanan pedas

Makanan pedas telah terbukti berbahaya bagi kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan pedas bisa memengaruhi keseimbangan pH kulit serta akan menyebabkan jerawat.

Nggak membersihkan handphone

Saat ini telepon genggam menjadi barang yang sering digunakan. Seringnya menggunakan handphone bisa menyebabkan wajah kotor serta banyak bakteri. Bakteri akan menyebabkan infeksi serta akan menimbulkan jerawat. Untuk mencegah munculnya jerawat Seharusnya bersihkan handphone secara rutin dengan menggunakan disinfektan.

Leave a Comment