Beberapa Cara menghilangkan Cegukan yang Membandel Anti Gagal

No ratings yet.

cara menghilangkan cegukan – Cegukan merupakan kondisi yang dapat membuat keadaan risih dan tidak nyaman. Terlebih lagi jika saat ingin makan, minum atau berbicara, cegukan akan sangat mengganggu.

Kondisi cegukan sendiri terjadi pada saat diafragma, yang merupakan otot pemisah perut dan dada, berkontraksi tanpa disadari. Diafragma memiliki peran yang sangat penting dalam sistem pernapasan manusia. Saat diafragma mengalami kejang berbarengan dengan menarik napas secara tiba-tiba, pita suara tertutup dan akan menghasilkan bunyi cegukan.

Makan terlalu banyak dan cepat, minum minuman berkarbonasi, makan makanan pedas, atau perubahan emosional secara cepat dapat menjadi faktor penyebab terjadinya cegukan. Biasanya, cegukan akan hilang dengan sendirinya tanpa harus mengonsumsi obat-obatan. Tidak hanya orang dewasa, anak bayi sampai orang tua pun bisa mengalami cegukan.

Pada saat sedang terkena cegukan, beberapa orang biasanya meminum air putih karena dipercaya sebagai penyembuh cegukan yang paling ampuh. Dilansir dari Healthline, berikut beberapa cara yang dapat membantu menghilangkan cegukan dengan efektif.

Cara menghilangkan Cegukan yang Membandel

1. Teknik pernapasan dan postur efektif mengatasi Cegukan

cara menghilangkan cegukan membandel

Beberapa perubahan pada cara bernapas dan postur Anda dapat membantu merelaksasi diafragma. Untuk melakukannya, pertama-tama ubah sistem pernapasan anda menjadi lebih lambat. Tariklah napas selama lima detik, dan keluarkan juga dalam lima detik. Anda juga bisa melakukan teknik menarik napas sedalam-dalamnya dan tahan selama sekitar 10-20 detik lamanya, lalu buang napas secara perlahan dan ulangi proses tersebut.

Baca Juga:  6 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

Selain cara di atas, Anda juga dapat melakukan pernapasan di dalam kantong kertas (paper bag). Masukkan hidung dan mulut ke dalam paper bag dan mulai untuk mengempiskan dan mengembungkan paper bag tersebut. Ingat selalu untuk jangan menggunakan kantong plastik.

2. Pressure points bisa Menghilangkan Cegukan

obat cegukan di apotik

Titik tekanan atau pressure points adalah bagian di tubuh Anda yang sensitif terhadap tekanan. Saat cegukan menyerang, Anda dapat menekan diafragma. Diafragma memisahkan abdomen dengan paru-paru. Gunakan tangan Anda untuk menekan area yang berada tepat di bawah tulang dada.

Cara lain yang berkaitan dengan titik tekanan yakni Anda dapat memeras hidung sambil menelan air. Selain itu, memeras bagian telapak tangan juga dapat membantu menghilangkan cegukan. Gunakan ibu jari tangan untuk menekan telapak tangan Anda yang lainnya.

3. Konsumsi makanan atau minuman bisa Mengobati Cegukan

obat cegukan paling mujarab

Saat cegukan terjadi, banyak orang yang minum air putih untuk segera menghilangkan kondisi tersebut. Perilaku ini memang efektif untuk menghilangkan cegukan. Anda dapat meminum air es untuk menstimulasi saraf vagus, atau minum air hangat dengan perlahan. Jika ada es batu, isaplah es batu tersebut dalam beberapa menit sampai menyusut, lalu telan. Berkumur-kumur selama 30 detik juga mampu membantu.

Selain minum air, Anda juga bisa memakan satu sendok madu atau selai kacang bila ada. Biarkan madu atau selai kacang tersebut larut di dalam mulut sebelum Anda telan. Gulapun juga mampu bekerja dalam hal ini. Ambil sejumput gula pasir dan taruh di lidah terlebih dahulu, setelah itu biarkan hingga 5 sampai 10 detik sebelum ditelan.

4. Bantuan lainnya untuk Hilangkan Cegukan

tanaman obat untuk cegukan

Selain ketiga metode di atas, Anda juga dapat melakukan hal yang lain guna menghilangkan kondisi cegukan. Seperti memijit leher bagian belakang dapat bekerja dengan efektif untuk mengusir cegukan. Atau bahkan dengan men-distract diri Anda dengan melakukan suatu hal yang menarik, apapun itu seperti main gim, menonton video di media sosial, atau hal lainnya.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Mudah dan Permanen

Cegukan Pertanda Apa? Jangan diremehkan Begitu aja

arti cegukan menurut islam

Cegukan tentunya dialami oleh semua orang sewaktu-waktu. Umumnya, cegukan terjadi hanya sekejap lalu berhenti. Tapi, cegukan yang berkepanjangan rupnya dapat menjadi indikasi gejala penyakit tertentu.

1. Gangguan sistem saraf pusat

Rangkaian gejala kayak muntah-muntah, pandangan kabur serta mual menjadi indikasi dari peradangan di bagian sistem saraf pusat. Ini dapat berakibat pada otak, batang otak, saraf pengelihatan, serta tulang belakang. Kalau gejala itu terjadi, bukan berarti dirimu harus panik memikirkan gejala penyakit serius. Namun, ada baiknya Kalau dirimu berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui penyebab cegukan berkepanjangan terjadi.

2. Penurunan fungsi ginjal

Kalau dirimu memiliki riwayat penyakit ginjal serta mulai merasakan cegukan, itu dapat aja sebagai indikasi fungsi ginjal memburuk atau dapat lebih buruk dari itu. Cegukan yang disertai gejala, kayak sakit tulang, bau mulut yang tidak normal, sampai otot tegang dapat menjadi gejala awal gangguan ginjal kronis. Ginjal berfungsi untuk membersihkan kotoran tubuh serta kelebihan air di tubuh, sehingga kemampuan optimal ginjal sangat diperlukan. Kalau hal ini terjadi, opsi kayak dialisis mungkin aja perlu dilakukan.

3. Kanker

Cegukan juga dapat mengindikasikan bebrrapa tipe kanker. kayak kanker di otak, perut atau nodus limfa. Kalau cegukan bertahan lama, mulai dari 48 jam sampai lebih dari 30 hari, Pfaner mengingatkan bahwa itu kerap diasosiasikan kepada kanker pada sejumlah pasien. Cegukan yang bertahan selama itu umumnya mengindikasikan harus adanya pengobatan yang lebih diperhatikan lagi dari dalam tubuh. Meski begitu, para pakar berkata jika cegukan yang berujung pada kanker ialah kasus yang jarang sangat terjadi.

4. Penyakit asam lambung

Tanda-tanda dari penyakit asam lambung termasuk dada terbakar (heartburn), regurgitasi atau naiknya makann dari kerongkongan atau lambung disertai rasa asam yang pahit, serta mual. Ditambah lagi, cegukan yang tidak kunjung mereda. Kalau hal itu terjadi, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Sebab, penyakit asam lambung dapat sangat mengganggu gaya hidup serta kesehatan perut serta kerongkongan.

Baca Juga:  7 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami Dengan Cepat Dan Permanen

5. Pneumonia

Menurut Merck Manual of Diagnosis and Therapy, cegukan berkepanjangan juga dapat menjadi indikasi infeksi paru Pneumonia. Kalau dirimu sering merasakan gejala Pneumonia, kayak sakit dada, meriang, demam, nafas yang memendek, serta cegukan, gejala-gejala tersebut dapat mengindikasikan infeksi paru. Dokter nantinya akan memintamu untuk melakukan rontgen bagian dada untuk mencari tahu apakah dirimu terserang Pneumonia.

6. Serangan jantung

Kalau dirimu mengalami cegukan yang tidak berhenti dalam beberapa hari, maka dapat pula merupakan gejala serangan jantung. Josh Davenport, MD dari rumah sakit St. Lukee Rosevelt Hospital di New York, mengingat salah satu cerita pasien yang sedang cegukan pada empat hari berturut-turut. Perihal itu diasosiasikan kepada sejumlah kemungkinan, kayak diabetes, kebiasaan merokok serta kemungkinan kanker. Belakangan, pasien pria tersebut disebut terkena serangan jantung. Walaupun ia tak menunjukkan tanda-tanda serangan jantung. kayak berkeringat, lemah, sampai sakit dada. Meski begitu, hal ini masih menjadi kasus yang sangat jarang Walaupun ada kemungkinan terjadi.

7. Stres

Cegukan dapat menjadi peringatan bahwa tubuhmu membutuhkan waktu beristirahat. stres emosional menjadi satu dari sekian banyak alasan penyebab cegukan. Jadi, Kalo dirimu sadar jika cegukan yang dialami dibarengi kepada peningkatan tingkat stres, pertimbangkanlah untuk mengambil langkah dalam mententramkan batin. kayak meditasi, olahraga atau berlibur bersama kerabat.

8. Gejala awal stroke

Sebuah survei nasional yang dirilis Ohio State University Wexner Medical Center mengatakan jika kebanyakan wanita gak tahu kalo cegukan dapat menjadi penyebab stroke. Dari seribu wanita yang terlibat studi, hanya sekitar sepuluh persen yang peduli bahwa gejala yang dialaminya dapat jadi merupakan gejala stroke wanita. Namun faktanya, National Stroke Association mencatat bahwa cegukan tersebut juga disertai gejala lainnya kayak mual serta letih.

Apakah artikel ini Bermanfaat?

Leave a Comment