7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Luka

Cara Menghilangkan Bekas Luka – Bekas luka merupakan hasil dari perbaikan luka pada jaringan tubuh dan kulit. Beberapa orang menganggap dengan mempunyai bekas luka adalah suatu hal yang keren.

Namun tidak sedikit juga bagi mereka yang merasa risih dengan adanya bekas luka di tubuh mereka. Bekas luka terkadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya.

Untuk menghilangkan bekas luka dengan mudah dan efektif, dilansir dari Healthline, berikut terdapat beberapa bahan yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka pada tubuh.

1. Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah buaya

cara menyamarkan luka

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai penghilang bekas luka, pertama buang terlebih dahulu bagian yang berwarna hijau tua daun lidah buaya. Setelah itu, ambil gel yang ada di dalam lidah buaya dan oleskan ke bagian tubuh yang terdapat bekas luka dengan gerakan melingkar.

Setelah kurang lebih setengah jam, bersihkan gel dengan air dingin. Dianjurkan untuk menggunakan lidah buaya dua kali dalam satu hari.

Gel yang terdapat di dalam lidah buaya mengandung lignin dan asam amino yang dapat berfungsi sebagai pelembap kulit, dan mempercepat proses regenerasi sel kulit.

2. Vitamin E Bisa Menjadi Obat Penghilang Luka

cara menyamarkan luka

Belah kapsul vitamin E tepat di atas bagian tubuh yang terdapat bekas luka, dan peras minyak vitamin E tersebut ke bekas luka. Setelah itu, usap minyak ke bagian bekas luka.

Baca Juga:  Cara Mudah Atasi Karang Gigi yang Membandel

Setelah sekitar 20 menit, bersihkan minyak tersebut dengan air yang hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi proses dengan menggunakan vitamin E ini sebanyak tiga kali dalam sehari.

Vitamin E sendiri mempunyai efek antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari berbagai kerusakan.

3. Madu Sebagai Skincare Penghilang Bekas Luka

hilangkan bekas luka

Madu memiliki kandungan anti-inflamasi dan efek antioksidan yang juga dapat membantu memudarkan dan menghilangkan bekas luka.
Cara memakainya, oleskan madu ke bagian bekas luka sebelum hendak tidur. Setelah itu, bungkuslah bekas luka yang telah diolesi madu dengan perban, dan biarkan selama satu malam saat tidur.

Pada saat bangun di pagi harinya, buka perban tersebut dan bersihkan madu dengan air hangat.

4. Menghilangkan Bekas Luka dengan Minyak kelapa

cara menghilangkan luka

Dalam penggunaan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas luka, pertama panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa sampai cukup cair. Setelah cair, oleskan minyak kelapa ke bekas luka selama sekitar 10 menit.

Cukup biarkan kulit menyerap minyak tersebut dalam satu jam. Ulangi proses ini dua sampai empat kali setiap harinya.

5. Menghilangkan Bekas Luka dengan Sari cuka apel

Menghilangkan Bekas Luka dengan minyak kelapa dengan cuka apel

Campurkan 4 sendok makan air suling dengan 2 sendok makan sari cuka apel. Setelah itu, celupkan cotton ball ke dalam campuran air tersebut dan oleskan pada bekas luka.

Setelah dioleskan, tunggu sampai kering dan lakukanlah proses ini setiap malam sebelum tidur dan bersihkan dengan air pada pagi harinya.

6. Resep obat Penghilang Luka Minyak lavender dan minyak zaitun

Minyak zaitun dan lavender juga dapat berguna untuk menghilangkan bekas luka. Caranya, pertama-tama campurkan 3 tetes minyak lavender ke dalam 3 sendok makan miyak zaitun. Setelah itu, oleskan minyak tersebut ke area bekas luka selama 5 menit.

Baca Juga:  Beberapa Cara menghilangkan Cegukan yang Anti Gagal

Lalu, biarkan minyak tersebut selama 30 menit sampai pada akhirnya dibersihkan dengan air hangat. Lakukan proses ini minimal tiga kali dalam sehari.

7. Menghilangkan Bekas Luka dengan Kentang

Pertama, iris kentang menjadi potongan yang sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Setelah diiris, usap kentang tersebut ke bagian bekas luka dengan gerakan melingkar.

Bila kentang tersebut telah mengering, gantilah dengan irisan kentang yang lainnya. Setelah itu, bersihkan bekas luka yang telah diusap dengan kentang dengan air dingin.

Ulangi proses tersebut paling sedikit satu kali dalam satu hari. cara Menghilangkan Bekas Luka

Hal-hal yang Membuat Bekas Luka Sulit Hilang

penyebab bekas luka sulit hilang

Ada beberapa hal sering tidak diperdulikan orang ketika merawat bekas luka. Justru, beberapa hal ini dapat menjadikan bekas luka sulit hilang. Berikut ini hal apa saja yang bisa membuat bekas luka sulit hilang.

Kelembapan Kulit Tidak Terjaga dengan Baik

Kelembapan kulit harus dijaga setiap saat. Tidak hanya melindungi elastisitas kulit, kelembapan juga memiliki fungsi vital dalam menghilangkan bekas luka. Kondisi kulit yang kering akan mempersulit proses regenerasi sel-sel baru untuk menggantikan sel lama yang sudah rusak.

Salah satu solusi paling mudah untuk menjaga kelembapan kulit adalah menggunakan Vaseline Repairing Jelly Original secara teratur. Kandungan 100% petroleum jelly murni cukup berguna untuk kulit kamu. Wonder jelly ini nantinya menghasilkan pembatas antar sel untuk mengunci kelembapan alami kulit. Proses penyembuhan luka gores dan luka bakar nantinya akan berjalan lebih cepat. Bentuknya yang ringan serta tidak lengket akan cepat meresap di kulit saat dipakai.

Malas Melakukan Eksfoliasi Kulit

Proses eksfoliasi kulit sangat penting untuk mempercepat hilangnya bekas luka. Jika kulit masih tertutupi sel-sel yang sudah mati, proses penyerapan nutrisi dari aneka produk perawatan kulit pun menjadi kurang maksimal. kamu mesti lebih rutin lagi melakukan eksfoliasi kulit agar bekas luka tersamarkan

Baca Juga:  6 Cara Melancarkan Haid Tidak Teratur

Kulit kamu tidak akan tergores atau iritasi jika kamu melakukan proses eksfoliasi dengan cara yang benar. Gunakan beragam jenis bahan alami cotohnya saja, gula pasir, oatmeal, atau kopi bubuk untuk dijadikan masker dan bisa digunakan sendiri di rumah. Bahan-bahan alami yang punya tekstur agak kasar akan mempermudah proses eksfoliasi kulit. Lakukan minimal seminggu sekali suaya kulit kamu bebas kusam, lebih sehat, dan bekas lukanya bisa cepat hilang.

Jangan menyerah dulu kalau usaha menghilangkan bekas luka yang kamu lakukan belum ada hasil. Setelah membaca artikel ini, kamu tentu lebih telti merawat kesehatan kulit. Bekas luka yang hilang akan menjadikan kamu kembali percaya diri saat beraktivitas.

Kulit Kekurangan Vitamin C

Vitamin C tidak hanya berguna untuk menjaga daya tahan tubuh. Fungsi vitamin C juga ialah mencegah peradangan, mendukung proses regenerasi sel, serta mempercepat pembentukan jaringan baru yang ada di bekas luka. Pastikan tubuh kamu mendapatkan asupan vitamin C yang cukup. Selain dari konsumsi aneka buah, kamu bisa memperoleh asupan vitamin C dari produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C.

Kulit Sering Terpapar Sinar Matahari

Jangan menganggap remeh sinar matahari yang mengenai kulit kamu saat beraktivitas di luar ruangan. Ini karena sinar UV A dan UV B dari matahari berisiko meningkatkan produksi melanin pada kulit. Zat melanin akan membuat warna kulit menjadi lebih kusam dan gelap. Tidak hanya bagian kulit lain yang menggelap, bekas luka juga semakin sulit hilang.

Alangkah lebih baik bila kamu melindungi kulit dari sinar matahari. Salah satu caranya ialah menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki Sun Protecting Factor (SPF) agar dampak buruk sinar matahari diminimalisir.

Leave a Comment