Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Mudah tanpa Menyiksa

Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah – Pori-pori yang besar memang sangat mengganggu penampilan. Selain itu, pori-pori besar juga biasanya diikuti oleh masalah kulit lainnya seperti muncul jerawat, wajah kusam dan berminyak, dan komedo yang menumpuk.

Berbagai cara pun dilakukan sebagai upaya untuk memiliki wajah yang mulus dengan pori-pori kecil. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membantu menyusutkan pori-pori.

1. Eksfoliasi Membuat Kotoran Penyumbat Pori-pori Terangkat

cara mengecilkan pori pori wajah bekas jerawat

Eksfoliasi memang penting untuk perawatan wajah, apalagi jika menyangkut masalah pori-pori. Dengan eksfoliasi, pori-pori akan terbuka secara efektif kemudian sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori akan terangkat. Dengan begitu, pori-pori akan menjadi lebih bersih dan mengecil.

Pori-pori yang bersih akan memberi manfaat baik bagi kulit. Salah satunya adalah membantu penyerapan skin care agar lebih efektif, mempercepat regenerasi sel kulit, dan menghindari tumbuhnya jerawat.

Namun, eksfoliasi yang berlebihan juga tak baik bagi kulit. Alih-alih menjadi mulus, kulit malah bisa menjadi sensitif dan iritasi karena lapisan kulit terlalu tipis akibat terlalu sering eksfoliasi.

2. Hindari Tidur Menggunakan make up

cara mengecilkan pori pori wajah dengan cepat

Saat tidur, sebaiknya kulit dalam keadaan bersih agar kulit dapat bernapas dan beregenerasi. Jika Anda tidur dengan make up masih menempel pada wajah, kulit akan kesulitan bernapas karena pori-pori tersumbat.

Selain dapat membuat pori-pori tersumbat dan membesar, kebiasaan tidur dengan make up juga dapat mendatangkan masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo.

3. Bersihkan wajah dengan benar Supaya Pori-pori Mengecil

cara menghilangkan jerawat

Kunci dari upaya mengecilkan pori-pori adalah wajah yang bersih. Jika semua debu dan kotoran terangkat dengan baik, maka pori-pori tak akan tersumbat dan ikut menyusut. Untuk itu, setiap hari pastikan Anda membersihkan wajah dengan cara yang benar.

Baca Juga:  Cara Mudah Atasi Karang Gigi yang Membandel

Untuk memastikan wajah benar-benar bersih, Anda wajib melakukan double-cleansing dalam sehari-hari. Pertama, bersihkan debu dan kotoran dengan first cleanser seperti cleansing oil, cleansing milk, micellar water, atau makeup wipes. Setelah itu bersihkan sisa-sisa kotoran dengan sabun cuci muka dan air.

Saat membersihkan wajah Anda juga bisa memijat lembut kulit wajah dengan gerakan melingkar selama 30-60 detik, tujuannya adalah untuk menarik keluar sisa kotoran yang masih tertinggal di pori-pori.

4. Gunakan es batu Agar Pori-pori Lebih Rileks

cara mengecilkan pori pori wajah secara alami dan permanen

Setelah beraktivitas di luar, pori-pori dapat terlihat membesar karena suhu panas dan keringat setelah melakukan aktivitas. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan es batu. Suhu dingin dari es batu dapat membuat pori-pori lebih rileks dan mencegahnya membengkak akibat suhu panas.

Untuk mengecilkan pori-pori dengan es batu, Anda hanya membutuhkan kain tipis yang bersih dan es batu. Kain berfungsi sebagai pembatas agar kulit tak bersentuhan langsung dengan es batu dan mengurangi sensasi dinginnya.

Selain untuk mengecilkan pori-pori, es batu juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kulit wajah. Seperti membantu atasi kantung di bawah mata, mengatasi jerawat, hingga meredakan kemerahan pada wajah.

5. Pakai Sunscreen Agar Pori-pori Tidak Membesar

cara menghilangkan jerawat secara alami

Rajin memakai sunscreen dapat membantu agar pori-pori tidak membesar. Saat kulit terus-menerus terpapar sinar matahari tanpa adanya perlindungan, kulit dapat kehilangan elastisitasnya sehingga lebih mudah untuk membesar.

Selain itu, paparan radiasi UVA/UVB dari sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan kulit lainnya, bahkan dapat meningkatkan risiko terkena kanker. Untuk itu, jangan malas untuk menggunakan sunscreen agar kulit terjaga dari efek buruk sinar matahari.

6. Perawatan Wajah dengan Bahan Alami untuk Mengecilkan Pori-pori

cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori, salah satu yang paling populer adalah lemon. kandungan vitamin C dalam lemon memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk mengecilkan pori-pori. Susu juga baik untuk menjaga pori-pori wajah tidak membesar karena kandungan kolagen didalamnya. cara mengecilkan pori pori wajah

Kebiasaan ini menjadi Penyebab Pori pori menjadi Besar

Selain komedo serta jerawat, pori-pori besar pun jadi salah satu problem yang biasanaya membuat kaum perempuan (tidak terkecuali juga laki-laki) menjadi kurang rasa percaya diri. Yang dirasakan tiap ngaca tuh sakit banget, tau pori-pori yang menganga minta makan serta membuat wajah jadi terlihat tidak mulus serta ‘bolong-bolong’. Berbagai macam cara dilakukan, tapi hasilnya selalu nihil serta pori-pori tetap saja betah mangap lebar. Ugh, sebel banget pasti ya rasanya.

Baca Juga:  Beberapa Cara menghilangkan Cegukan yang Anti Gagal

Sebenarnya, selain ditangani dengan produk-produk perawatan kulit khusus pori, ada beberapa hal sepele yang harusnya kamu hindari agar pori jadi terlihat lebih kecil serta kulit jadi terlihat mulus lho. Agar wawasanmu lebih terbuka, yuk simak baik-baik ulasan Hipwee tentang hal apa saja yang sebaiknya tidak kamu lakukan demi mendapatkan wajah yang lebih halus serta mulus!

Melapisi wajah dengan lapisan kosmetik terlalu tebal untuk menutupinya. Bukannya ngasih solusi, pori-pori malah jadi mudah tersumbat

Setiap hari terlalu rajin memakai kosmetik tebal seperti bedak, highlighter, concealer, serta gengnya tanpa jeda akan rentan menjadikan wajahmu yang terdampak bahan kimia terus menerus lekas menua serta menaikan risiko pori-pori membesar. Ditambah lagi kalau membersihkannya tidak sampai tuntas, wah komedo bakal makin meriah serta pori bakal semakin menganga.

Nggak Rajin membersihkan muka padahal rajin sekali pake foundie, bb cream, atau bedak jenis apapun

Wajah yang gak pake make up aja udah rentan berpori besar kalo malas dibersihkan, namun pemakaian foundation, bb cream atau bedak yang didalamnya bahan-bahan kimia dampaknya lebih besar lagi. Semakin tinggi memakai produk produk ini serta tidak rajin membersihkannya hingga tuntas, maka akan semakin besar juga kemungkinan pori-porimu mem besar karena tersumbat kotoran serta minyak yang menjadi komedo.

Tidak pernah menjadwalkan waktu khusus untuk membersihkan komedo di klinik kecantikan yang memang kompeten di bidangnya

Terakhir, jangan anti membersihkan wajah serta panen komedo minimal sekali sebulan di klinik yang memang kompeten di bidangnya. Pasalnya salah satu penyebab pori terbuka lebar ialah pori yang tersumbat komedo. Seharusnya tidak asal membersihkan muka di salon yang gak ada standar operasional medisnya. Sebab jika asal-asalan, bukannya bersih malah wajahmu jadi rentan iritasi serta infeksi

Sering terpapar sinar matahari tanpa perlindungan seperti sunblock serta topi. Padahal efeknya tidak sekadar memperbesar pori-pori saja lho

Cuek saja saat terpapar sinar matahari tanpa perlindungan apapun akan merusak produksi kolagen serta elastin yang membuat wajah jadi lekas kendur serta menua. Ujung-ujungnya tidak cuma lekas keriput, pori jadi terlihat lebih besar menganga. Makanya dari sekarang jangan malas pakai sunblock ya! Selain biar tidak cepat menua, juga demi terhindari dari risiko kanker kulit.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Susu, mentega, serta makanan gorengan merupakan makanan yang perlu dibatasi, apalagi kalau kulitmu tipe berminyak

Makan makanan berminyak serta berlemak setiap hari akan membuat wajah jadi lebih mudah berminyak serta berkomedo. Ujung-ujungnya ya pori-pori bakal semakin terbuka lebar deh.

Mencetin komedo sendiri dan bukan oleh ahlinya. terkesan memang sulit sih jika udah gemez lihat komedo di cermin

Memencet komedo sendiri rentan membuat wajah jadi iritasi serta justru akan membuat pori jadi terluka serta meninggalkan luka parut. Mengeluarkan komedo serta tidak ‘menutup’ serta membersihkannya sampai tuntas dengan cara tepat justru akan membuat porimu jadi terlihat besar karena terisi lagi oleh kotoran serta bakteri.

Leave a Comment