Bunga Flamboyan Terancam Punah? Benarkah?

No ratings yet.

Bunga flamboyan merupakan salah satu jenis bunga yang sangat cantik. Bunga flamboyan ini merupakan bunga yang memiliki warna orange kemerahan yang cerah dan memiliki sisi keindahan tersendiri yang berbeda dengan jenis bunga lainnya. Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga yang cukup besar dengan diameter yang mencapai 10 cm. Kemudian pada bagian mahkota paling atas terdapat warna putih kekuningan dengan bercak merah.

Bisa dibilang bahwa bunga flamboyan merupakan bunga yang sempurna karena bunga ini memiliki kelamin jantan dan kelamin betina sekaligus. Benang sari menjadi alat kelamin jantan pada bunga flamboyan dengan warna merah gelap sementara putiknya yang menjadi alat kelamin betina pada bunga flamboyan berwarna kuning. Bunga flamboyan memiliki biji yang bisa ditemukan pada bagian polongnya dengan ukuran 40 – 70 cm.

Ini Gambar Bunga Flamboyan yang Indah

Ciri – Ciri Bunga Flamboyan

Bunga Flamboyan kuning

Bunga flamboyan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri yang berbeda dengan jenis bunga yang lain. Ciri – ciri bunga flamboyan yang Anda bisa kenali meliputi :

  • Daunnya memiliki permukaan berbulu dengan sistem pertulangan daun yang menyirip
  • Warna bunga flamboyan sangat indah yaitu berwarna merah atau orange merah
  • Bunga flamboyan merupakan jenis bunga dengan diameter yang cukup besar yaitu mencapai ukuran 10 cm.
  • Merupakan bunga yang sempurna dengan benang sari dan putik yang dimiliki sebagai alat reproduksinya.
  • Mahkota paling atas bunga flamboyan berwarna putih kekuningan sementara terdapat bercak berwarna merah.

Cara Menanam Bunga Flamboyan

Cara budidaya Bunga Flamboyan

Mengenai penanaman pohon bunga flamboyan tergolong mudah. Perawatannya pun tidak butuh suatu perlakuan khusus. Akan tetapi memang ada satu hal yang sering menjadi suatu kendala yang dialami kebanyakan pecinta tanaman hias ketika akan menanam bunga flamboyan.

Kendala yang dirasakan tersebut terletak pada saat mengubah biji flamboyan menjadi kecambah dimana hal ini menjadi terasa sangat sulit. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh faktor bentuk dari biji flamboyan yang tertutup rapat dan sangatlah besar.

Bunga flamboyan sendiri merupakan suatu tanaman yang dapat dikembangbiakan sangat mudah dari bijinya. Akan tetapi sebelum disemaikan, bijinya harus terlebih dahulu dibersihkan dengan cara digosok dan kemudian direndam ke dalam air selama kurang lebih satu malam sampai kulitnya dapat terkelupas sendiri.

Kemudian selanjutnya bijinya dimasukkan ke dalam sebuah pot yang sudah diisi dengan media tanam kurang lebih sekitar 4 sampai dengan 7 hari. Media tanam tersebut berupa kombinasi antara tanah dengan pupuk kandang yang memiliki tingkat derajad keasaman antara 5,6 sampai dengan 6 ph.

Selanjutnya masuk ke tahapan berikutnya yaitu proses memindahkan bibit pada area yang luas dan lapang. Misalkan pada halaman rumah atau di pinggiran jalan yang nantinya berfungsi menjadi peneduh. Kemudian lubang untuk area tanam harus memiliki ukuran yang cukup dalam sekitar minimal 50 cm. Tujuan hal tersebut adalah agar tanaman bunga flamboyan dapat tumbuh dengan baik secara tegak dan tidak berpotensi tumbuh miring.

Baca Juga:  Ada Sejuta Manfaat Dibalik Mitos dan Kecantikan Bunga Kamboja

Lakukan proses tanamnya sampai selesai. Kemudian setelah ditanam dan tanah ditimbun kembali Anda bisa melakukan penyiraman setiap hari sampai tumbuh besar dan berdaun lebat. Dalam perawatannya, Anda harus memberikan pupuk setiap 3 bulan sekali agar pertumbuhannya bisa berlangsung cepat dan tidak melambat. Kemudian ada juga perawatan lain yang perlu dilakukan dalam menanam bunga flamboyan. Perawatan lain yang perlu dilakukan tersebut yaitu melakukan kegiatan pemotongan dan juga merapikan cabang serta batang sehingga pertumbuhannya bisa lebih teratur.

Penting !! Ketika anda Menanam atau Budidaya Bunga Flamboyan

Bunga Flamboyan

Satu hal lagi yang Anda perlu perhatikan dalam penanaman bunga flamboyan yaitu ketika Anda menanam bunga flamboyan baiknya Anda atur jaraknya supaya tidak terlalu dekat dengan dinding rumah atau bangunan lain termasuk pagar rumah. Dengan demikian ketika pohon bunga ini tumbuh semakin lama semakin besar tidak berpotensi roboh dan merusak pagar rumah atau yang lainnya.

Akar dari pohon bunga flamboyan sangat kuat. Akarnya mampu menimbulkan kerusakan pada lapisan semen penutup jalan. Cabangnya sangat banyak dan senantiasa tumbuh secara melebar atau menyamping sehingga ketika sudah besar, tanaman ini akan berbentuk seperti payung dengan batang yang berkayu.

Daun dari pohon bunga ini adalah daun majemuk yang selalu tumbuh dengan sangat rapat dan mampu menghadirkan suasana yang sangat rindang di bawahnya. Kemudian daun dari bunga ini senantiasa menghijau sejak musim hujan sampai permulaan musim kemarau. Setelahnya akan mengalami gugur dan nantinya hanya akan menyisakan bagian batang saja. Bahkan ada beberapa bagian batang atau ranting yang mengering dan patah kemudian jatuh. Karena itu cara menikmati keindahan dari bunga flamboyan adalah di musim penghujan hingga menjelang kemarau tiba.

Kapan Bunga Flamboyan Tumbuh Bermekaran dengan Sempurna?

bunga flamboyan mekar

Tanaman bunga flamboyan memiliki keindahan yang akan mulai terlihat ketika musim penghujan tiba. Pada moment tersebut, kuncup bunga dari flamboyan yang warnanya merah dan jingga akan Anda temukan bermunculan. Kemudian tak lama bunga flamboyan akan saling bermekaran secara bersama – sama. Pada saat yang seperti itulah kesempurnaan dan keindahan bunga flamboyan benar – benar nyata dan dapat dirasakan dengan sempurna.

Setelah bunga flamboyan mekar secara penuh, ukurannya akan menyamai bunga anggrek dan kemudian membentuk gerombolan yang sangat padat dan juga rapat. Pada masing – masing gerombolan tersebut terdapat mahkota yang jumlahnya 5 helai dan menyebar. Mahkota tersebut memiliki ukuran masing – masing kurang lebih sekitar 8 cm.

Akan tetapi ada salah satu mahkota dari bunga ini yang bentuknya agak berbeda dibandingkan dengan mahkota bunga yang lain. Mahkota pada bunga ini yang berlainan adalah ukurannya. Mahkota bunga flamboyan memiliki ukuran yang lebih panjang dan terdapat juga bintik – bintik dengan warna kuning atau warna putih yang terdapat di permukaan bagian dalamnya.

Berapa lama Bunga Flamboyan bisa Mekar?

musim bunga flamboyan

Bunga flamboyan yang mekar hanya dapat berlangsung kurang lebih sekitar 2 sampai dengan 3 minggu saja. Tak lama setelah masa tersebut, warna jingga kemerahan pada bunga ini mulai meredup dan berubah menjadi kusam. Kemudian akan berguguran helai demi helainya. Tak lama setelahnya akan memasuki pengulangan siklus yang kembali seperti semula.

Manfaat Bunga Flamboyan

kegunaan bunga flamboyan

Membantu meningkatkan mood

Pohon flamboyan yang sedang berbunga memang dapat memberikan pemandangan yang pesonanya sungguh luar biasa. Tidak hanya pohon yang tinggi dengan daun rindang yang ditawarkan, bentuknya yang lebar seperti payung seolah dapat memberikan perlindungan kepada siapa saja yang ingin berteduh dibawahnya dari sengatan sinar matahari.

Bunga flamboyan yang warnanya mencolok sangat kontras dengan daun kecil berwarna hijau yang bergerombol dimilikinya. Karena itu tak heran jika Anda melihat bunga flamboyan dapat semakin meningkatkan mood setelah sehari penuh Anda bekerja didalam ruangan.

Baca Juga:  Mengetahui Fakta, Manfaat dan Jenis Tulip Bagi Kesehatan Lengkap

Bunga Flamboyan bisa Digunakan untuk penghias ruangan

Sama halnya dengan bunga – bunga yang lain, bunga flamboyan  juga merupakan salah satu bunga yang memiliki nilai estetika sangat tinggi. Karena itu bunga flamboyan juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan atau pelengkap dekorasi interior yang menawan.

Dijadikan sebagai perhiasan

Biji dari bunga flamboyan dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecokelatan dan ternyata juga banyak memiliki manfaat. Salah satu manfaat dari biji bunga flamboyan adalah dapat dijadikan sebagai bahan perhiasan. Namun Anda perlu mengolah biji bunga ini terlebih dahulu jika memang ingin memanfaatkannya sebagai bahan perhiasan.

Anda dapat mulai coba mengeringkan biji bunga flamboyan kemudian berikan warna yang Anda suka. Setelah itu Anda bisa rangkai dalam satu rantai pendek jika memang Anda ingin membuat gelang. Anda juga dapat menggunakan biji dari tumbuhan lain supaya gelang buatan Anda terlihat semakin indah. Jika Anda punya biji yang lebih banyak, Anda juga dapat membuat rangkaian kalung dari biji bunga indah yang satu ini.

Bunga Flamboyan Bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi penyakit malaria

Ekstrak dari tanaman flamboyan secara khusus pada bagian daun dan bijinya ternyata memiliki kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini dipercaya dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan Plasmodium sp, yang merupakan suatu parasit penyebab penyakit malaria. Selain manfaat diatas, bagian tumbuhan flamboyan yang lain dan juga dapat diambil manfaatnya  adalah bunga dan juga batangnya yang memberikan berbagai manfaat besar untuk manusia.

Pohon flamboyan manfaatnya sebagai peneduh

Tanaman flamboyan yaitu bagian pohon dari tanaman ini memiliki bentuk kanopi yang sangat rindang. Karena itu pohon ini banyak ditanam di pinggiran jalan sebagai tanaman peneduh atau pelindung dari sinar matahari. Kesan yang rindang akan bisa didapatkan dari adanya pohon ini.

Dapat digunakan Menjadi bahan bangunan

Bagian batang dari pohon flamboyan memang cukup panjang dan besar. Karena itu tak jarang jika batang pohon dari tanaman ini banyak dijadikan sebagai bahan bangunan. Salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat atap rumah dan pagar rumah.

Selain beberapa manfaat diatas, bunga flamboyan juga termasuk salah satu bunga yang sangat bermanfaat bagi lingkungan. Disebutkan bahwa bunga flamboyan termasuk jenis bunga yang memiliki kapasitas untuk menyerap polusi kendaraan bermotor sehingga lingkungan yang ditanami dengan pohon flamboyan akan lebih sehat dan terhindar dari polusi kendaraan bermotor.

Fakta Bunga Flamboyan yang jarang orang tau

lagu bunga flamboyan

Didalam sebuah penelitian disebutkan bahwa flamboyan bersama dengan asam londo, bungur dan glodogan bulat merupakan jenis tanaman yang memiliki kapasitas untuk menyerap IsNO yang tinggi bahkan diatas 30 microgram/ gram.

Nitrogen dioksida (NO2) merupakan salah satu gas yang dapat mencemari udara. NO2 berasal dari emisi yang dihasilkan kendaraan bermotor. Tanaman tepi jalan ini memiliki kapasitas menjadi penyerap polutan udara. Potensi tanaman dalam penyerapan gas dari udara juga dapat diketahui dari proses – proses fisiologis yang terjadi pada bagian daun flamboyan.

Banyak mahasiswa dari berbagai fakultas yang kemudian turut serta melakukan penelitian tentang flamboyan. Seperti halnya Pangesti Nugrahani dari Fakultas Pertanian UPN Veteran Jatim Surabaya, Nizar Nasrullah dari Departemen Arsitektur Lanskap IPB Bogor, Elsje Louise Sisworo dari Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi – Batan melakukan penelitian tentang faktor fisiologi tanaman tepi jalan yang menentukan kemampuan serapan polusi udara gas IsNOz. Dalam penelitian yang dilakukan ditujukan untuk tujuan mengukur kemampuan tanaman tepi jalan dalam menyerap polutan NO2 dan juga berbagai faktor fisiologi yang turut serta menentukan.

Selain tanaman flamboyan, asam londo, bungur dan glodogan juga menjadi tanaman penyerap polutan yang paling baik. Penelitian mereka juga turut menunjukkan adanya tanaman bunga kupu – kupu yang memiliki kapasitas sedang dalam penyerapan gas emisi di lingkungan yang berasal dari kendaraan bermotor.

Baca Juga:  Bunga Dahlia, Si Cantik nan Indah siap Menggoda bagi Yang Memandangnya

Sementara angsana, tanjung dan sawo kecik merupakan tanaman yang memiliki kapasitas rendah dalam penyerapan emisi kendaraan bermotor di lingkungan. Faktor fisiologis dari tanaman sendiri sebenarnya menjadi salah satu aspek yang turut serta menentukan daya serapan NO yaitu laju fotosintesis, laju transpirasi dan daya hantar stomata. Faktor – faktor yang semacam ini ada kaitan atau hubungannya dengan bagian stomata pohon. Walau tingkat kerapatan stomata tidak menjadi penentu atas daya serapan NO2 oleh tanaman tersebut, akan tetapi juga faktor potensial air dari tanaman tersebut menjadi aspek penentunya.

Kemudian ada sebuah karya ilmiah dari Maratus Sholihah yang dimuat dalam researchgate.net di tahun 2007 yang menyebutkan bahwa bunga flamboyan merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang dapat digunakan menjadi sumber pigmen atau zat pewarna alami. Hal ini karena banyaknya tanaman flamboyan yang mengandung pigmen antosianin. Apakah pigmen antosianin itu?

Pigmen antosianin dalam bunga flamboyan merupakan suatu zat warna alami yang memiliki sifat lebih stabil di media yang bersifat asam. Pigmen ini bisa dikembangkan menjadi alternatif pewarna alami pada makanan. Pigmen ini juga sifatnya sangat sensitif pada suatu proses thermal atau panas.

Melalui suatu penelitian yang dilaksanakan di tanggal 5 Maret sampai dengan 3 April 2007 di Laboratorium THP Universitas Muhammadiyah Malang, Maratus Sholihah turut meneliti tentang adanya pengaruh berbagai macam kombinasi pH media dan juga suhu pasteurisasi. Juga mengetahui tentang kombinasi paling baik terhadap suatu stabilitas warna ekstrak pigmen antosianin dari tanaman flamboyan.

Melalui penelitian yang dilakukan tersebut kemudian Maratus Sholihah melakukan langkah eksplorasi atas penggunaan zat warna alternatif dari kekayaan tumbuhan yang ada di sekitar. Tentu secara khusus yang menjadi patokan adalah tanaman flamboyan. Hal tersebut diinformasikan kepada masyarakat mengenai teknologi pengelolaan pangan alternatif. Dengan menggunakan suatu zat pewarna alami dan hasil ekstraksi dari bunga flamboyan sendiri.

Ada Lagu yang terinspirasi dari Bunga Flamboyan?

Bagi generasi yang mengalami masa mudanya di decade 70 sampai dengan 80, tentunya masih ingat lagu flamboyan yang dilantunkan oleh grup vokal Bimbo. Nah, dalam lirik lagu tersebut bunga flamboyan diungkapkan sebagai bunga cantik yang kecantikannya dapat menginspirasi banyak seniman yang kemudian menciptakan lagu dengan nuansa dan tema flamboyan.

Kurangnya Kesadaran Manusia membuat Flamboyan Terancam Punah?

Hanya saja yang disayangkan bahwa semua itu hanya menjadi suatu fatamorgana di dunia nyata. Hal tersebut tak lain karena pada dunia nyata, tumbuhan flamboyan nyaris terancam punah. Tanaman bunga flamboyan memiliki habitat asli di Madagaskar dan disana marak pertambangan serta perluasan pembukaan lahan dengan cara pembakaran yang menjadikan flamboyan ikut terancam.

Bunga Flamboyan di Indonesia?

Berdasarkan informasi dari International Union for Conservation of Nature, disebutkan bahwa lembaga yang mengeluarkan daftar yang membahas status konservasi berbagai jenis makhluk hidup seperti hewan dan juga tumbuh – tumbuhan memasukkan flamboyan ke dalam status least concern. Namun di Indonesia, tanaman bunga ini masih ada hanya beberapa saja.

Tentu harapannya ke depan, tanaman flamboyan banyak dibudidayakan sehingga kepunahan dari tanaman yang rindang dan cantik ini tidak terancam. Terlebih tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman yang kaya akan manfaat termasuk bagi lingkungan hidup manusia.

Apakah artikel ini Bermanfaat?

Leave a Comment