Inilah Bukti Kenapa Bunga Sakura Menjadi Bunga yg Sangat Menawan

Kalau kita mengunjungi negara Jepang, pasti tidak terlepas dari yang namanya bunga sakura. ya bunga ini memang menjadi ikonnya Jepang bersama dengan Gunung Fuji. Simak yuk artikel yang mengulas tentang bunga sakura secara lengkap berikut ini.

Sejarah Bunga Sakura (History of Sakura)

asal usul bung sakura

Asal usul bunga sakura diambil dari kata ‘Saku’ (Jika diartikan bermakna mekar) kemudian seperti kebiasaan orang-orang jepang, akhiran kata saku ditambah dengan bentuk jamaknya yaitu kata ‘ra’.

Bunga Sakura sendiri adalah bunga yang dijadkan sebagai bunga nasional bagi Negara Jepang. Bunga yang disebut juga Cherry Blosoom bagi orang-orang barat ini, hanya akan bermekaran di musim semi (kira-kira dimulai dari akhir Maret hingga akhir bulan April).

Jika kita berkunjung ke Jepang kita pasti kerap melihat simbol-simbol bunga ini dimana-mana, baik itu pada kimono, alat-alat tulis ataupun peralatan yang lainnya.  Ini ada karena Bunga Sakura merupakan sebuah simbol yang amat penting bagi orang-orang Jepang, karena sakura mengasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, atupun kematian.

Ada beberapa simbol yang bisa diartikan sebagai lambang bunga sakura bagi sebagian kelompok yang tersebar diberbagai kalangan masyarakat, diantaranya yaitu; bunga ini dapat digunakan untuk mengekspresikan ikatan antar sesama manusia, ada juga yang mengartikan sebagai simbol keberanian, kegembiraan, juga sebagai simbol kesedihan.Adapun bagi masyarakat jepang, bunga ini merupakan ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

Ada istilah tersendiri bagi sebagian orang yang menciptakan moment langka hanya untuk sekedar berpiknik bersama-sama dibawah pohon sakura yang tentunya untuk menikmati indahnya bunga sakura yang sedang bermekaran, adapun istilah itu biasa disebut dengan nama o-hanami.

Pohon yang satu ini merupakan pohon yang tergolong dalam keluarga pepohonan familia Rosaceae, genus Prunus atau tanaman ini tergolong dalam jenis pohon plum, peach atau apricot, adapun secara umum pohon sakura tergolong dalam subgenus sakura.

Nama Latin Bunga Sakura dan Sebutan lainnya

nama lain dari bunga sakura

Bunga sakura memiliki nama latin yang dikenal dengan nama Prunus Serrulatal. Pohon bunga ini masih sejenis dengan pepohonan persik, apricot dan pohon prem, termasuk juga dalam keluarga family rosaceae (keluarga mawar-mawarn).Secara umum bunga sakura berwarna merah muda, bunga ini juga merupakan bunga nasional bagi Negara Jepang.Bunga cantik ini melambangkan kaum perempuan bagi bangsa Jepang, juga sebagai pembawa rejeki serta dipercayai sebagi sumber keberuntungan.

Bunga sakura mempunyai berbagai macam jenis dan nama latin tersendiri di Negara asalnya. Adapun jenis yang seringkali ditemui yaitu jenis Prunus Yedoenensis atau sering dikenal dengan sebutan Yoshino Cherry.Jenis yang satu ini biasanya memiliki warna merah muda dan putih.

Selanjutnya ada jenis yang disebut dengan namaPrunus Yamazakura, jenis ini memiliki warna putih salju. Kemudian jenis yang berikutnya yaitu Prunus Yaezakura, jenis sakura ini memiliki ciri warna putih dengan perpaduan ungu kemerahan.

Jenis bunga sakura yang berikutnya memiliki nama latin Prunus Shidarezakura, jenis bunga ini mempunyai warna merah. Bunga sakura di Jepang yang bernama kaprikonus dibedakan atas warna-warna bunganya.

Filosofi Bunga Sakura Bagi Orang Jepang

Momen musim semi merupakan hal yang selalu ditunggu-tunggu pastinya, karna bunga sakura mempunyai keindahan tersendiri untuk dinikmati dengan telanjang mata. Bunga ini hanya akan mekar setahun sekali dan bunganya akan bertahan selama satu hingga dua minggu, dan kemudian bunganya akan berguguran.Bunga ini juga mempunyai banyak makna dan filosofi bagi kehidupan masyarakat Jepang.

Sebagai Simbol Kehidupan yang Fana

Filosofi Bunga Sakura

Seperti penjelasan yang telah kita bahas diatas, bunga sakura akan berguguran dalam waktu satu hingga dua minggu setelah mekar. Hal tersebut bagi kebudayaan Jepang akan melambangkan kehidupan manusia yang hanya sementara dan akan berakhir pada waktunya.

Filosofi ini merupakan ajaran Budha yang disebut dengan “mono no aware” yang memiliki arti kesadaran dan kefanaan. Oleh sebab itu, masyarakat Jepang akan berlomba-lomba untuk menyaksikan bunga sakura yang sedang bermekaran ataupun pada saat bunga ini sedang berguguran.

Hal ini semakin lama rupanya menjadi kegiatan yang akhirnya menjadi tradisi bagi kebudayaan Jepang yang dijuluki dengan sebutan Hanami.Saat ini, momen seperti ini tidak hanya dinikmati oleh masyarakat jepang itu sendiri, karna banyak wisata asing yang ingin ikut bergabung dalam momen langka tersebut.

Dalam tradisi yang biasa dilakukan biasanya terdapat orang-orang yang berkumpul dibawah pohon bunga sakura sambil menyantap hidangan yang telah disiapkan bersama orang-orang terdekat. Pada siang ataupun malam hari, bunga ini mempunyai pikatan tersendiri yang akan menghipnotis orang yang memandangnya.

Tetapi terdapat perbedaan, tradisi pada malam hari ini dinamakan Yozukara , tradisi ini sudah berlangsung sejak 1200 tahun yang lalu yaitu pada abad ke-8 atau pada periode Nara. Untuk menikmati bunga sakura pada malam hari biasanya aka nada lampion hangat yang akan menambah pemandangan semakin indah.

Bermakna Kelahiran Kembali

Filosofi Bunga Sakura

Bunga sakura mempunyai makna yang akan mengingatkan kehidupan yang fana, selain itu cherry blossom ini  mempunyai simbol yang bermakna sebagai pembaharuan. Ada legenda yang terdapat di masyarakat jepang mengenai bunga sakura, mereka mempercayai bunga sakura sebagai respresentasi dewa gunung yang bertransformasi menjadi dewa bagi, sehingga mereka percaya bahwa hal ini melambangkan kesuburan dari hasil pertanian yang ada di Jepang.

Oleh karena itu, pada jaman dahulu kala mereka sering berdoa di gunung dan kemudian mengambil bibit bunga sakura untuk ditanam kembali dipemukiman tempat mereka tinggal.

Bunga sakura akan mekar bersamaan dengan tahun ajaran baru sekolah dan juga bertepatan dengan awal pembukuan di Jepang. Oleh karena itu di Jepang banyak sekali perusahaan dan sekolah-sekolah yang dengan sengaja menanam pohon cherry blossom ini , yang bertujuan untuk menyambut awal musim sekolah agar anak-anak akan lebih bersemangat lagi untuk memulai tahun ajaran baru, begitupun tujuan penanaman pohon tersebut ditujukan untuk para karyawan.

Makna Bunga Sakura dari Masa ke Masa

Filosofi Bunga Sakura

Para seniman dan juga kaum cendikiawan di Jepang banyak sekali yang akan mengabadikan momen mekarnya bunga sakura dalam berbagai macam bentuk kesenian, mulai dari bahan untuk pembuatan puisi, cerita rakyat, bahkan juga dijadikan sebagai lukisan, hal ini sudah terjadi sejak periode Heian. Seorang cendikiawan kuno Jepang yang bernama Norigana Motoori mengatakan bahwa cherry blossom ini merupakan semangat bagi masyarakat Jepang dalam puisinya.

Bagi para samurai Jepang, bunga sakura mempunyai makna tersendiri, karena cherry blossom ini merupakan lambang keberanian bagi mereka. Bagi seorang samurai akan diwajibkan untuk tidak akan takut terhadap apapun termasuk juga terhadap kematian.

Mereka juga diharuskan menghadapi dengan gagah berani saat ajal akan menjemput karna itu merupakan gambaran seperti bunga sakura yang berguguran. Tentara Jepang pun memakai filosofi ini dalam melakukan aksi kamikaze atau bunuh diri pada saat terjadi perang dunia kedua. cherry blossom ini akan menjadi tanda-tanda yang akan dilukis pada pesawat yang melakukan misi bunuh diri pada saat itu.

Bunga sakura memiliki 600 jenis, dan hingga saat ini cherry blossom sering membawa kenangan indah tersendiri bagi masyarakat Jepang. Pada saat momen bunga sakura bermekaran, banyak orang yang akan menikmatinya bersama keluarga ataupun kerabat mereka, baik itu saat momen hanami maupun yozukara, momen langka tersebut merupakan momen yang tak akan terlupakan ketika musim semi tiba. Walaupun saat ini cherry blossom ini  sudah banyak yang ditanam di Negara lain, akan tetapi mekarnya cherry blossom ini di Jepang tetap tidak akan tergantikan.

Jenis dan Klasifikasi Bunga Sakura

Klasifikasi :

  • Regnum : Plantae
  • Divisio : Spermatophyta
  • Sub divisio : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Bangsa : Rosales
  • Family : Rosaceae
  • Genus : Prunus
  • Spesies : Prunus serrulata Lindl

Kerabat Dekat :

  • Buah Peach
  • Plum Jepang
  • Plum Eropa
  • Plum Cina
  • Plum Armenia

Adakah diantara kalian yang tidak mengenal apa itu bunga sakura? Bunga yang satu ini sangat identik dengan Negara Jepang, selain keindahan bentuk dan warnanya yang berwarna merah muda, bunga ini mempunyai pesona tersendiri untuk menarik perhatian dari seluruh penjuru setiap pasang mata yang ada dimuka bumi ini, sehingga pesonanya yang terlahir dengan keindahannya akan menarik banyak wisatawan untuk datang berbondong-bondong menuju Negara asalnya hanya sekedar untuk menikmati keindahan bunga merah muda ini.

Jenis bunga sakura sangatlah beragam, secara umum cherry blossom ini  memiliki varietas yang bermacam-macam, tentunya dengan ditandai kemiripan antara jenis satu dan yang lainnya, akan tetapi ada beberapa perbedaan yang mencolok antara keluarga bunga yang satu ini.

Di jepang sendiri, jenis bunga sakura terdapat sekitar 200 jenis cherry blossom ini , jenis itu termasuk kedalam bunga yang liar ataupun bunga yang sudah dibudidayakan. Dibawah ini akan kita bahas mengenai beberapa jenis bunga sakura yang paling umum terdapat di Jepang, diantaranya sebagai berikut ;

Somei Yoshino

jenis-jenis bunga sakura

Jenis bunga sakura ini merupakan bunga yang paling sering dibudidayakan di Jepang. Biasanya jenis ini akan banyak ditemukan di seluruh Jepang, bunga ini biasanya pertama kali akan berbunga pada akhir bulan Maret di daerah Kyushu dan Shikoku, dan kemudian disusul di Tokyo yang akan mekar pada akhir bulan April. Selanjutnya pada daerah utara Aomori akan bermekaran di bulan Mei.

Bunga sakura jenis ini berbunga tunggal dan terdiri atas 5 kelopak pada setiap bunganya.Bunganya berwarna merah muda sangat pucat, bahkan bunga ini terlihat hamper seperti berwarna putih. Bunga pada jenis ini akan muncul sebelum dedaunan pada pohonnya tumbuh, dan bentuk bunga ini tumbuh bergugu-gugus.

Yamazakura

macam-macam bunga sakura

Pada posisi teratas diduduki oleh bunga sakura liar, karena bunga jenis ini paling sering dipandang.cherry blossom satu ini lebih dikenal sebagai Hill Cherry (ceri bukit), bunga ini paling sering di jumpai di pegunungan Jepang. Jenis bunga ini sama seperti Yoshino, karena bunganya yang terdiri atas lima kelopak, dan bunga pada jenis ini berwarna merah muda cerah.

Terdapat ciri khusus yang terdapat pada jenis Yamazakura, yaitu bisa kita kenali pada bunga yang biasanya akan muncul secara bersamaan dengan daunnya, bunga jenis ini terdapat di daerah Kanto dan akan mekar antara bulan Maret dan April.

Shidarezakura

tipe bunga sakura

Bunga sakura jenis ini memiliki nama inggris yaitu Weeping Cherry atau juga disebut dengan panggilan Ceri Menangis, dari julukan yang melekat pada jenis ini maka dengan mudah menebak alas an mengapa cherry blossom jenis ini mempunyai nama tersebut. Shidarezakura merupakan simbol dari Prefektur Kyoto, bunga sakura yang satu ini akan berbunga pada ranting pohonnya yang menunduk.

Bunganya akan mekar cukup awal, karena bunga ini akan mekar sebelum Somei Yoshino mekar. Bunga jenis ini yang paling terkenal adalah Miharu Takizakura atau biasa dikenal sebagai Pohon Ceri Air Terjun Miharu yang tumbuh di Fukushima. Pada jenis ini merupakan salah satu diantara lima jenis pohon ceri yang paling terkenal di Jepang, karena sudah tumbuh sejak lebih dari 1000 tahun.

Edohigan

jenis bunga sakura

Salah satu bunga yang akan mekar paling awal adalah jenis Edohigan. Nama itu diambil karena pada saat itu bunganya mekar bertepatan dengan spring equinox dengan sebutan higan pada daerah barat Jepang. Bunga jenis ini mempunyai kelopak yang kecil dan mempunyai warna merah muda pucat, dengan ciri pada daun kelopaknya yang kembung dan bulat.

Pohonnya yang tertua berumur sekitar 2000 tahun yang berada di Jepang. Ada jenis yang bernama Yamataka Jindai Sakura merupakan jenis Edohigan yang cukup terkenal, bunga ini akan mekar pada awal hingga pertengahan bulan April di daerah Yamanashi.

Kanzan

tipe bunga sakura

Kanzan merupakan bunga yang sangat spektakuler karena memiliki hingga 50 kelopak pada tiap bunganya. Bunga indah yang satu ini merupakan bunga yang telat mekarnya, akan tetapi akan dengan mudah dikenali karna warnanya yang merah muda pekat dengan kumpulan bunganya yang cukup besar.

Bunga jenis kanzan ini juga merupakan bagian dari keluarga Yaezakura yang juga berarti sakura yang berbunga gandadan memiliki lebih dari 5 kelopak pada setiap bunganya.

Ichiyou

macam bunga sakura

Asal usul mengenai nama dari Ichiyou yaitu berasal dari bunga yang memiliki 20-40 kelopak ini mekar secara keseluruhan maka kemudian akan muncul dari tengah sebuah putik yang nantinya akan terlihat seperti sehelai daun. Oleh karena itu, bunga jenis ini dinamai Ichiyou yang maknanya yaitu “satu daun”.

Bunga yang memiliki kelopak yang melimpah ini memiliki kelopak putih yang dibungkus dengan lapisan luar merah muda yang pucat, namun warna bunga ini akan menghadirkan nuasa bunga yang berwarna halus dan dikelilingi daun yang berwarna hijau terang.

Pada bulan April akan diadakan sebuah festival yang secara khusus didedikasikan untuk jenis bunga sakura yang satu ini, hal ini dikarenakan jenis bunga ini merupakan salah satu bunga yang sangat menonjol di Asakusa.

Kanhizakura

jenis bunga sakura

Di Jepang bunga sakura memliki keindahan yang sangat tidak terbatas, begitupula di pulau Okinawa di bagian selatan Jepang yang memiliki jenis sakura yang menjadi ciri khasnya. cherry blossom jenis ini tidak terlihat mirip dengan jenis bunga sakura pada umumnya.

Kanhizakura merupakan jenis bunga yang juga terkenal di Vietnam, Cina, dan juga Taiwan, karena keistimewaannya bunga ini tidak hanya terkenal di kepulauan Ryukyu. Jenis ini bunganya berwarna merah keunguan yang biasa dikenal dengan nama Ceri Taiwan, Ceri Bellflower, atau Ceri Formosa. Bunga sakura jenis ini akan mekar sangat awal, yaitu pada bulan Januari.

Kikuzakura

macam-macam bunga sakura

Nama Kikuzakura juga bisa diartikan sebagai bunga sakura krisan. Karena pada dasarnya bunga yang satu ini memiliki kemiripan dengan bunga lain yang juga menjadi simbol Negara Jepang, yaitu bunga krisan atau kiku.

Bentuk bunga kikuzakura ini dapat dikenali dari bunganya yang mirip pom-pom serta dikelilingi oleh daun yang lebar. Pada setiap bunganya akan memiliki 80 hingga 130 kelopak yang berwarna merah muda cerah. Bunga jenis ini juga akan mekar cukup terlambat pada musim semi, biasanya bunga ini dapat dilihat pada awal bulan Mei di sekitar Tokyo.

Yukon

 

Jenis bunga sakura yang bernama Ukon ini memiliki makna kunyit yang memberi warna pada kari dari India. Pada umumnya cherry blossom lebih identic dengan warna merah muda atau warna yang agak keputihan, akan tetapi pada hal ini terdapat pengecualian karena ukon sakura memiliki bunga yang berwarna kekuningan.

Jenis bunga ini juga merupakan bunga Yaezakura yang memiliki kelopak antara 15 dan 20 kelopak pada tiap bunganya. Adapun waktu mekarnya bunga pada jenis ini berdekatan dengan mekarnya Ichiyou, yaitu akan bermekaran pada pertengahan April di Tokyo.

Fugenzo

jenis bunga sakura

Berdasarkan namanya yang unik, nama bunga sakura ini tentunya memiliki asal usul yang unik pula. Fugenzou memiliki makna “Gajah Samantabhadra”, kata itu merupakan kata yang berasal dari bahasa Jepang.

Kisah ini digambarkan berdasarkan kisah seorang Bodhisatva yang sering menaiki seekor gajah pada karya seni Buddha.Hal ini dikarenakan putik dari bunga sakura jenis Fugenzou yang mirip dengan gambaran kisah tersebut, semua ini berasal dari kepercayaan rakyat pada Zaman Muromachi sekitar tahun 1336-1573.

Fugenzou memiliki kelopak yang cukup banyak, yaitu kelopaknya bisa mencapai 40 kelopak, dengan bentuk daun yang bergerigi.Bunga jenis ini memiliki warna utama yang berwarna merah muda dilengkapi dengan nuansa merah pada tengah bunganya.

Bunga ini juga merupakan bunga yang akan mekar terlambat. Puncak waktu mekarnya bunga ini yaitu pada pertengahan hingga akhir bulan April di Tokyo.

Keunikan Bunga Sakura

fakta bunga sakura

Bunga yang sedang kita bahas sedaritadi ini merupakan bunga Nasional Jepang yang memiliki keistimewaan karna keindahannya yang siap menghipnotis setiap sorot mata yang memandangnya.

Penikmat bunga sakura tidak hanya berasal dari Negara asalnya saja, akan tetapi bunga indah nan mempesona ini juga sudah menyedot perhatian jutaan pasang mata dari seluruh dunia loh. Dibawah ini akan kita bahas beberapa fakta unik mengenai bunga sakura, berikut penjelasan dan pembahasannya ;

Sering dijakdikan sebagai Simbol Harapan

Bunga sakura merupakan bunga nasional Jepang yang juga merupakan simbol pembaruan dan juga harapan.Datangnya cherry blossom ini  dipercayai membawa sejuta kedamaian, tepatnya saat datangnya musim semi.Adapun waktu terbaik untuk menikmati indahnya bunga sakura yang memiliki sejuta pesona bisa kita jumpai pada akhir Maret sampai pertengahan bulan April.

Sebagai tempat Piknik 

Pada saat musim semi tiba, akan banyak kelompok orang yang piknik dibawah pohon ukntuk menikmati keindahan bunga sakura. Kegiatan tersebut dijuluki dengan nama hanami yang diartikan sebagai kegiatan melihat bunga. Kononnya, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu.

Meyejukaan bagi Memandang

Untuk menikmati indahnya bunga sakura ketika berada di Jepang sangatlah banyak tempatnya, salah satu tempat yang paling luar biasa yang wajib dikunjungi adalah pulau Hokaido tepatnya pada Goryokaku Fort, karena tempat yang satu ini merupakan banteng yang berbentuk bintang yang sudah ditetapkan sebagai situs bersejarah. Pembangunan banteng ini rampung pada 150 tahun yang lalu yaitu pada masa Edo. Tempat yang dulunya bekas banteng ini kemudian disulap menhadi taman yang cantik dan didalamnya ditanami 1.600  pohon cherry blossom yang ditanam di pinggir danau buatan, yang pada akhirnya Goryokaku menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan mekarnya bunga sakura pada saat musim semi untuk di daerah Hokkaido.

Dijadikan sebagai Perkiraan Musim

Badan meteorology Jepang memiliki acara yang disiapkan khusus, acara tersebut merupakan acara di televise yang akan menayangkan perkiraan musim Bunga Sakura.

Ikonnya Gunung Fuji

Gambar yang menjadi ikonik di Negara Jepang yaitu pemandangan bunga sakura yang membingkai Gunung Fuji. Banyak tempat disekitar danau yang akan tampak sangat menakjubkan dikarenakan perpaduan antara cherry blossom ini  yang ditutupi oleh indahnya salju.

Ada Lebih dari 200 Varietas

Bunga sakura memiliki lebih dari 200 varietas yang berbeda, dank arena hal itu Jepang juga disebut sebagai rumah bagi cherry blossom ini.Adapun yang terpopuler yaitu Somei Yoshino. Varietas yang satu ini memiliki warna putih dan mempunyai beberapa titik yang berwarna merah muda, bunga jenis ini akan mekar dengan umur yang tidak lebih dari seminggu. Karena waktu kemunculannya yang hanya sebentar itu, bunga tersebut dijadikan sebagai pengingat sifat sementara bagi kehidupan.

Taman Nara Park

Untuk menyaksikan bunga sakura yang paling spektakuler yaitu terdapat padataman Nara Park. Di taman tersebut pengunjung dapat melihat populasi Rusa Suci yang berkeliaran di sekitar pohon cherry blossom ini . Rusa Suci ini sangat dilindungi keberadaannya.

Terdapat 1.700 pohon

Bagi siapapun yang akan mengunjungi Jepang pada saat musim mekarnya bunga sakura, maka kalian juga akan disuguhi keindahan Rusa, hal tersebut dapat dinikmati di taman-taman yang menjadi tempat tumbunya 1.700 pohon cherry blossom ini .

Sebagai Gerai Hias

Banyak restoran yang menghiasi gerai-gerai mereka dengan bunga sakura pada saat musim semi, salah satunya yaitu McDonalds.Ada menu di resto yang memperkenalkan cherry blossom ini  yang disajikan lengkap bersama roti merah muda dan minuman sakura cherry, hal ini sudah ada sejak tahun lalu.

Es Krim Sakura

Bunga sakura merupakan hal yang sangat disukai di Jepang, hal ini telah menginspirasi orang sebagai bahan pembuatan es krim. Ada perusahaan yang mengiklankan produknya untuk menyakinkan masyarakat dan para wisatawan yang berada di Jepang bahwasannya piknik Hanami akan semakin hangat dengan ditemani produk mereka.

Kapan Bunga Sakura Mekar?

jadwal bunga sakura

Kapan bunga sakura mekar?Atau kapan musim bunga sakura?Ya, hal ini merupakan pertanyaan bagi sebagian orang yang ingin menyaksikan langsung keindahan cherry blossom ini  pada saat musimnya berlangsung.

Mencari informasi mengenai waktu yang tepat untuk berkunjung ke Negara sakura ini merupakan hal yang cukup penting.Oleh sebab itu kita harus memastikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memesan tiket keberangkatan menuju tempat yang dijuluki negeri sakura tersebut.Untuk lebih tepatnya sudah banyak kita bahas pada bagian atas tulisan ini, ada bisa menyesuaikan jadwal mekarnya bunga sesuai jenis-jenis pada bunga yang ingin dinikmati.Untuk waktu terbaik menikmati indahnya bunga yang satu ini, kami menyarankan anda bisa berkunjung pada akhir Maret sampai pertengahan bulan April.

Leave a Comment