Ini nih Bunga Krisan yang Bakal Buat Kamu “Kerasan”

Jika Anda merupakan penggemar bunga, tentu Anda sudah tak asing lagi dengan yang namanya bunga krisan. Bunga krisan atau yang juga dikenal sebagai bunga seruni pada awalnya merupakan sebuah jenis bunga yang muncul di zaman kapur dan termasuk ke dalam salah satu jenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias.

Baca Juga: Kumpulan Bunga Tercantik di Seluruh Dunia

Aroma wangi yang khas dan berbeda serta manfaatnya yang sangat besar menjadikan bunga yang satu ini banyak tumbuh di negara Jepang, bahkan saat ini kita bisa saksikan di Indonesia juga banyak orang yang memeliharanya. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang bunga krisan, Anda bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Ciri – Ciri Bunga Krisan

Bunga Krisan

Bunga krisan merupakan jenis bunga yang termasuk ke dalam bunga kenikir. Bunga ini hadir dengan nama latin Asteraceae yang juga mencakup semua jenis bunga ini dalam kategori Crysanthemum. Bunga Seruni merupakan salah satu jenis bunga yang memiliki filosofi. Karena filosofinya itu menjadikan bunga ini dijadikan sebagai salah satu bunga nasional bagi Negara Jepang.

Bunga krisan yang terkenal dengan mahkota indahnya ini termasuk salah satu jenis bunga yang memiliki keindahan tiada duanya. Jenis bunga ini tentu berbeda dengan jenis bunga yang lain. Bunga Seruni memiliki beberapa ciri.

Adapun ciri – ciri bunga Seruni yang bisa dikenali diantaranya :

Ciri bunga krisan berdasarkan akar

Bunga krisan merupakan jenis bunga dengan akar serabut. Bunga ini hidup di kedalaman 30 – 40 cm dari permukaan tanah dan menyebar ke segala arah. Karenanya, jika Anda berminat untuk membudidayakan bunga Seruni, baiknya Anda pastikan pilih media tanam yang benar – benar kondisinya gembur.

Ciri bunga Seruni berdasarkan batang

Batang dari bunga ini memiliki tekstur yang cenderung lunak, tumbuh tegak dan berwarna hijau dengan bentuk membulat dan permukaannya kasar. Batang dari bunga ini dapat mengeras atau berkayu dengan warna hijau kecokelatan yang dibiarkan terus tumbuh.

Ciri bunga krisan dari daun bunganya

Daun dari bunga Seruni memiliki bagian tepi yang terkesan bergerigi dan bercelah dengan tulang daun yang dibuat menyirip. Daun bunga krisan tersusun berselang – seling di bagian batang dan juga cabangnya.

Bunga krisan juga tumbuh dengan bentuk lonjong yang dilengkapi pangkal membulat disertai ujung yang dibuat meruncing. Daunnya panjang berkisar antara 7 sampai dengan 13 cm. Kemudian memiliki lebar yang berkisar antara 3 sampai dengan 6 cm.

Ciri bunga Seruni berdasarkan bunganya

Bunga ini merupakan bunga yang akan tumbuh pada ujung batang dan tersusun di bagian tangkainya. Bunga ini dikategorikan ke dalam dua jenis berdasarkan bentuk bunganya yaitu krisan spray dan krisan standar.

Untuk bunga krisan spray biasanya di dalam satu tangkai bunga terdapat sekitar 10 sampai dengan 20 kuntum bunga yang ukurannya kecil. Sementara bunga krisan standar dalam satu tangkainya, hanya terdapat satu kuntum bunga yang ukurannya besar. Kelopaknya sendiri berbentuk cawan dengan ujung meruncing dan memiliki garis tengah di bagian kelopaknya kurang lebih dengan panjang 3 – 5 cm.

Ciri bunga Seruni berdasarkan buah dan biji bunganya

Buah dari bunga krisan bentuknya lonjong. Ukurannya kecil dan ditutupi oleh selaput buah. Buahnya jika masih muda berwarna putih dan setelah tua akan berubah warna menjadi hitam. Buah dari bunga ini merupakan hasil penyerbukan dari bunga sehingga di bagian dalamnya akan berisi banyak sekali biji. Bijinya berukuran sangat kecil dengan bentuk lonjong dimana biji inilah yang biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam menanam bunga Seruni.

Varietas dan Jenis Bunga Krisan yang Banyak Ditemui

Varietas Bunga Krisan

Seperti yang kita semua tahu bahwa sebuah klasifikasi bunga tidak hadir hanya dalam satu jenis saja. Melainkan klasifikasi bunga hadir dalam berbagai macam jenis. Hal yang serupa juga berlaku pada bunga krisan. Adapun jenis bunga seruni diantaranya :

Bunga krisan carinatum (Chrysanthemum carinatum)

Chrysanthemum carinatum

Bunga krisan carinatum ini terdiri atas setidaknya 2 sampai dengan 3 warna yang membentuk lingkaran. Di bagian tengahnya berwarna gelap kemudian diikuti lingkaran tipis aneka warna. Warna dominan pada jenis Chrysanthemum carinatum yaitu kuning, putih dan warna merah. Bunga ini termasuk jenis bunga seruni yang terbilang cepat untuk mekar dan hanya butuh waktu selama 2 minggu setelah penanaman untuk berbunga.

Bunga krisan pompom (Chrysanthemum pompoms)

Chrysanthemum pompoms

Tanaman hias bunga pompom ini mendapatkan namanya karena bentuk kelopak bunganya berlapis – lapis dan membentuk bola. Biasanya jenis bunga ini berwarna kuning cerah, putih dan juga berwarna ungu. Diameter gumpalan bunga ini bisa melebihi 10 cm. Karena kecantikan pompom mahkota yang dimilikinya menjadikan bunga yang satu ini seringkali menjadi pusat perhatian orang di taman bunga.

Bunga krisan segetum (Chrysanthemum segetum)

Chrysanthemum segetum

Bunga dengan nama latin Chrysanthemum segetum merupakan bunga dengan ciri khas kelopak kuning yang bagian tengahnya lebih gelap. Bunga krisan jenis ini akan mulai terlihat mekar setelah waktu 3 bulan penanaman bibit. Bunga jenis krisan ini bisa tumbuh sampai ketinggian 50 cm yang biasanya akan bertahan selama kurang lebih 2 bulan setelah masa pertumbuhannya.

Bunga krisan Putih (Chrysanthemum inodorum)

Chrysanthemum inodorum

Jenis bunga krisan inodorum memiliki kelopak berwarna putih bersih dengan bagian tengah berwarna kuning yang terang. Bunga ini akan membuat taman rumah impian Anda terlihat sangat romantis dan bersih. Jenis yang satu ini dapat tumbuh tinggi sampai dengan 35 cm.

Bunga krisan maximum (Chrysanthemum maximum

Chrysanthemum maximum

Jenis bunga krisan maximum adalah jenis bunga tertinggi diantara jenis bunga seruni yang lain. Batang dari jenis bunga ini bisa tumbuh tinggi sampai dengan 1 meter. Kelopak bunganya panjang dengan warna putih dan memiliki bagian tengah yang berwarna kuning terang. Ukurannya juga cukup besar yang menjadikannya sebagai salah satu bunga yang cocok menjadi tanaman penghias pagar rumah dengan bunga potong yang dirangkai menjadi sebuah buket.

Manfaat Bunga Krisan Yang Jarang Orang Ketahui

Kegunaan Tanaman Bunga Krisan

Tidak hanya memiliki bentuk mahkota yang sangat unik dan cantik serta harum yang sangat khas, akan tetapi bunga krisan juga termasuk salah satu jenis bunga yang besar sekali manfaatnya.

Didalam bunga ini terdapat kandungan beberapa vitamin diantaranya vitamin B, vitamin C, mengandung beta karoten, kaya akan kandungan mineral dan masih banyak lagi kandungan yang lainnya. Hal inilah yang menjadikan bunga seruni menjadi salah satu bunga yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Adapun manfaat bunga krisan meliputi :

Membantu perawatan kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan juga harus dirawat dengan sebaik mungkin. Perawatan jantung dalam hal ini sangatlah tidak mudah. Selain dengan olahraga untuk melancarkan fungsinya, Anda juga bisa membutuhkan suatu perawatan nutrisi dari dalam.

Untuk memberikan perawatan nutrisi dari dalam untuk menjaga kesehatan jantung, maka Anda bisa membuat sendiri teh bunga krisan. Perawatan ini dapat menjadi solusi tepat bagi Anda dalam perawatan kesehatan jantung sehari – hari yang murah dan aman.

Membantu melindungi infeksi dan bakteri

Tanpa kita sadari bahwa kita semua bisa terinfeksi oleh bakteri kapan saja. Hal ini karena bakteri bisa mudah tumbuh dan menyebar dimana – mana. Bahkan lingkungan Anda, peralatan Anda dan semua yang Anda punya terkontaminasi dengan bakteri yang suatu saat bakteri tersebut bisa masuk ke dalam tubuh Anda dan menimbulkan penyakit.

Nah, Anda bisa mencegah diri Anda terinfeksi bakteri dengan membuat teh bunga krisan. Hal ini karena didalam teh bunga ini didukung juga dengan kandungan antimikroba sehingga akan sangat efektif dalam membantu kesembuhan Anda.

Membantu menyehatkan mata dan telinga

Kesehatan mata dan juga telinga merupakan dua aspek dalam ranah kesehatan yang perlu Anda perhatikan. Bunga krisan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan telinga karena kandungan vitamin A yang besar didalamnya.

Membantu meningkatkan fungsi otak

Kestabilan juga peningkatan fungsi otak harus menjadi sebuah perhatian penting untuk Anda. Hal ini karena bunga krisan dapat dijadikan sebagai stimulan. Selain itu kandungan niacin yang ada didalam bunga seruni akan sangat bermanfaat untuk kesehatan saraf Anda.

Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

Kolesterol yang terlalu tinggi tentunya tidak sehat. Jika kolesterol berlebihan tentu hal ini akan mendatangkan berbagai macam penyakit. Karenanya Anda harus memastikan bahwa kadar kolesterol Anda didalam tubuh seimbang. Bunga krisan merupakan jawaban atas semuanya. Bunga ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah, termasuk mengatasi masalah kadar kolesterol yang bermasalah didalam aliran darah.

Bermanfaat dalam proses detoksifikasi racun didalam hati

Hati sama halnya dengan jantung juga merupakan salah satu organ vital yang sangat penting untuk tubuh Anda. Manfaat bunga krisan didalamnya adalah untuk membantu proses detoksifikasi atau untuk membantu menetralkan racun yang ada didalam hati. Dengan hati yang sehat, maka gangguan hati yang berbahaya dan berpotensi menimbulkan kematian akan terhindar dari Anda.

Membantu meringankan stress juga sakit kepala

Anda yang sedang mengalami stress atau gangguan sakit kepala bisa meringankannya dengan mengonsumsi teh bunga krisan hangat setiap hari secara rutin. Teh bunga seruni ini dapat membantu mendinginkan dan menghilangkan rasa sakit tersebut. Kemudian kandungan herbalnya juga dapat membantu merileksasi pikiran ketika Anda sedang mengalami masalah stress berlebih.

Membantu melancarkan peredaran darah

Peredaran darah yang lancar tentu menjadi salah satu alasan tubuh sehat dan kuat. Anda yang mengalami masalah dengan peredaran darah, salah satunya mengalami penyakit Aterosklerosis bisa mengatasinya dengan secara rutin mengonsumsi teh bunga krisan. Manfaat ini bukan hanya omongan belaka, melainkan sudah banyak yang membuktikannya.

Membantu menangani masalah batuk

Anda yang sering mengalami masalah batuk, jangan pernah khawatir dalam mengatasinya. Selain bisa Anda atasi dengan obat batuk yang dijual di apotek, Anda juga bisa mengatasinya dengan ramuan herbal bunga krisan. Cara mengobatinya juga sangat mudah dengan bunga ini. Anda hanya perlu keringkan bunga seruni kemudian rebus bunga yang kering bersama dua gelas air. Rebus sampai mendidih. Selanjutnya, biarkan kurang lebih selama 15 menit dan minum.

Membantu meringankan gangguan pernapasan

Tak hanya batuk, bagi Anda yang mengalami gangguan pernapasan Anda bisa mengonsumsi bunga ini untuk mengeringkannya. Karena itulah, bunga krisan ini dianjurkan dikonsumsi bagi mereka yang sering mengalami gangguan pernapasan.

Itulah berbagai manfaat bunga seruni untuk kesehatan. Jadi untuk Anda yang mengalami masalah kesehatan diatas, mulai dari sekarang Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi ramuan atau teh bunga seruni.

Cara Menanam Bunga Krisan Cepat Tumbuh dan Gak Gampang Layu

cara merawat bunga krisan yang layu

Pertama, pilih lahan tanam terbaiknya agar tidak mudah layu

Bunga krisan merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan baik jika Anda tanam di tempat yang memiliki sinar pencahayaan cukup atau penuh. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki tempat penuh pencahayaan maka Anda bisa cari tempat yang sekiranya memiliki pencahayaan penuh dalam beberapa jam sehari.

Mengenai bagaimana budidaya dan pemilihan lahan tanam untuk menanam bunga krisan yang tepat, bisa Anda simak dalam uraian di bawah ini :

  • Anda bisa budidaya bunga ini langsung di tanah atau pot dan pastikan pot atau lahan tanam ini memiliki system drainase yang baik.
  • Anda juga bisa tanam bunga seruni dengan jarak saling berdekatan dan nantinya akan lebih menarik jika Anda atur dalam beberapa pola warna. Anda juga bisa membuatnya seperti pola pelangi yang Anda inginkan.
  • Jika Anda memilih jenis bunga krisan potong untuk ditanam, ada baiknya Anda pastikan untuk memilih lokasi yang sehat dengan kondisi hangat sebagai lahan tanamnya.

Kedua, persiapan lahan tanam untuk memperbanyak Bunga Krisan

Untuk lahan yang Anda akan budidaya, baiknya Anda olah terlebih dahulu dengan menambahkan kompos pada area yang Anda sudah pilih. Anda juga bisa gunakan alat sekop atau penggaruk kebun untuk menggemburkan tanah dan mencampurnya dengan pupuk kompos secara merata.

Langkah tepatnya dalam proses ini sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda harus memperhatikan kondisi lahan tanam Anda. Anda bisa tambahkan lebih banyak pupuk kompos jika lahannya memiliki tanah lempung atau kondisi yang cenderung agak kering.
  • Akan tetapi berbeda jika Anda memilih untuk menanam bunga krisan didalam pot. Anda bisa isi pot dengan menggunakan media tanam yang berupa tanah humus, tanah sekam dan kompos untuk media tanamnya.

Lakukan penanaman krisan dengan sebaik mungkin

Dalam Budidaya bunga krisan, Anda bisa buat lubang tanam menggunakan sekop kecil dengan kedalaman lubang tanam sekitar 3 cm lebih dalam dibandingkan akar bunga seruni. Pastikan dalam penanaman Anda berhati – hati dan keluarkan bibit krisan dari plastic atau wadahnya kemudian masukkan ke dalam lubang tanamnya.

Langkah – langkah penanaman bunga krisan yang tepat sebagai berikut :

  • Pada jenis bunga pot, bunga ini tidak bisa tumbuh lebih besar dibandingkan ukuran awalnya. Pastikan jarak ketika menanam memiliki ruang agak lebar agar tanaman bisa semakin ternutrisi dengan sebaik mungkin.
  • Jenis bunga krisan potong bisa tumbuh lebih besar selama masa hidupnya. Sehingga Anda juga perlu tanam dalam jarak yang cukup jauh.
  • Ketika menanam bunga krisan Anda perlu pastikan bahwa tanah yang Anda akan Tanami sudah memiliki tekstur yang gembur. Tanamlah bunga ini dengan menggemburkan sedikit tanah di sekitar area pusat akar dan bagian tepinya. Kemudian kibaskan akarnya dengan hati – hati ketika Anda tanam dan atur posisinya pada lubang tanam yang sudah siap.
  • Setelahnya Anda bisa tutup lubang tanam dengan tanah yang Anda sudah campur bersama pupuk kompos. Kemudian padatkan agar bunga ini bisa tumbuh dengan semakin kokoh.

Anda yang ingin menanam bunga krisan, pastikan Anda menanamnya dengan tata cara tanam yang tepat seperti diatas. Jangan lupa rawat bunga seruni Anda dengan sebaik mungkin setiap harinya.

Leave a Comment