Ada Sejuta Manfaat Dibalik Mitos dan Kecantikan Bunga Kamboja

Bunga kamboja adalah salah satu jenis bunga cantik yang biasanya ditanam di sebuah pekarangan rumah untuk mempercantik dan memperindah penampilan rumah. Bunga plumeria tersebut ternyata tidak hanya banyak dijumpai di Indonesia, akan tetapi juga banyak pula dimanfaatkan oleh negara lain. Dibalik warnanya yang elok, siapa yang menyangka jika jenis bunga satu ini menyimpan fakta – fakta unik yang pastinya harus banget Anda ketahui.

Tapi sebelumnya juga penting sekali untuk Anda tahu bahwa, bunga kamboja ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja akan tetapi ada bermacam – macam, diantaranya plumeria bali whirl. Bunga plumeria ini punya mahkota yang bertumpuk tampak begitu cantik, sementara itu cara memperbanyak dan juga melestarikan Bunga plumeria ini adalah dengan melakukan penyetekkan.

Gambar Bunga Cantik yang Mempesona

Ada pula plumeria acuminata, yakni Bunga plumeria yang memiliki bentuk mahkota membulat dan di bagian ujungnya menggulung. Lalu untuk yang ketiga adalah plumeria acutifolia yang memiliki bau bunga yang sangat harum sekali dan berkhasiat untuk mengobati kencing nanah, bisul, dan bengkak. Bunga kamboja dengan jenis ini biasanya sering digunakan untuk upacara keagamaan oleh orang Bali.

Fakta Unik Tentang Bunga Kamboja

gambar bunga kamboja putih

Perlu untuk Anda tahu bahwa ternyata ada beberapa fakta unik yang mungkin saja belum banyak orang tahu, termasuk dengan Anda sendiri mengenai Bunga plumeria ini, diantaranya sebagai berikut.

  • Bunga kamboja khususnya di Tiwan, China, dan Jepang ternyata sudah sejak dulu diolah menjadi minyak wangi, obat nyamuk, dan teh seduh yang pastinya sangat menyehatkan.
  • Bunga plumeria sebetulnya termasuk jenis tanaman bunga yang bisa dikonsumsi, yang demikian tersebut sama halnya dengn bunga dari buah pepaya dan bunga turi. Jika dijadikan sebagai masakan, bunga ini memiliki citra rasa yang menggugah.
  • Bunga kamboja yang telah dikeringkan akan sangat bermanfaat sekali, sebab bisa menurunkan suhu tubuh dengan cepat dan tepat, obati radang gusi atau pun tenggorokan, bibir pecah – pecah, serta sebagai penambah nafsu makan.
  • Bunga plumeria awal mulanya ditemukan oleh salah seorang Botani asal Perancis yang bernama Charles Plumier di abad yang ke-16.
  • Selain itu, bunga kamboja ini ternyata juga lebih dikenal dengan banyak sebutan, diantaranya bunga semboja di Jawa, bunga jebun di Bali, bunga samoja di Sunda, bunga lomilate di Gorontalo, bunga campaka di Madura, bunga pandam di Manangkabau, bunga kolosusu di Minahasa, dan bunga capaka kubu di Tidore.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan atau Obat Herbal

arti bunga kamboja

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh bunga plumeria bagi kesehatan atau obat herbal, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Untuk mengobati kencing nanah

Ya, dengan bunga kamboja maka jenis penyakit kencing nanah ini tenyata bisa Anda sembuhkan secara alami dan minim resiko. Cara menyembuhkan kencing nanah dengan bunga plumeria mudah sekali, pertama – tama silakan Anda siapkan saja 1 potong akar bunga ini lalu cuci sampai bersih. Rebus 1 potong akar bunga plumeria tadi dengan 1 gelas air bersih sampai mendidih. Silakan Anda minum air rebusan akar bunga ini 1 kali dalam sehari sampai penyakit kencing nanah yang Anda derita sembuh.

2. Untuk mengobati bengkak

Perlu Anda tahu bahwa bengkak yang biasanya disebabkan oleh sengatan serangga, atau terkena benturan ternyata bisa diobati dengan memanfaatkan bunga kamboja, caranya adalah dengan menyiapkan 1 sirap kulit bunga plumeria lalu cuci sampai benar – benar bersih. Giling sampai halus dan rebus dengan ½ cerek air bersih sampai mendidih. Silakan Anda pakai air rebusan untuk merendam tubuhmu yang bengkak.

3. Untuk mengobati bisul

Bisul memang bukanlah jenis penyakit berbahaya akan tetapi bisul pastinya juga sangat mengganggu aktifitas Anda sehari – hari, sebab jika terkena sentuhan bisa sebabkan rasa sakit. Anda bisa mengobati bisul ini dengan cara menyiapkan daun bunga kamboja yang dicuci hingga bersih. Lalu mengolesi daun bunga plumeria dengan minyak kelapa. Setelah itu silakan Anda tempelkan daun bunga ini yang sudah diolesi dengan minyak kelapa di bagian tubuh Anda yang ada bisul. Lakukan saja hal ini secara rutin sampai bisul menghilang.

4. Untuk melancarkan pencernaan

Jika Anda memang sedang alami masalah pada pencernaan, silakan coba seduh bunga kamboja bersama dengan teh. Sebab ternyata bunga plumeria ini dipercaya bisa memberikan efek sejuk dan sangat baik sekali bagi pencernaan yang sedang bermasalah.

5. Sebagai antibiotik

Getah yang dimiliki oleh bunga kamboja ini ternyata mengandung tanin, alkaloid, tripterpenoid, dan flavonoid, bahkan pada getahnya juga mengandung tripternodi pentaksiklik yang bersifat racun. Sebab sifatnya racun dan sangat mematikan maka getah bunga plumeria dengan dosis yang tepat dapat juga dimanfaatkan sebagai obat antibiotik sama halnya dengan memanfaatkan sarang sembut untuk kesehatan.

6. Untuk menghilangkan kutil

Ya, kutil di tubuh Anda bisa banget disembuhkan atau diobati oleh daun bunga kamboja secara alami, cepat, dan tepat. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengambil getah bunga plumeria dengan menggunakan kapas kemudian tempelkan di kutil. Ada baiknya Anda berhati – hati sebab getah dari bunga ini sifatnya berbahaya sehingga tidak boleh sampai terkena bagian tubuh yang lain.

7. Untuk mengobati gigi yang berlubang

Gigi yang berlubang sudah pasti akan membuat hidup Anda jadi sangat terganggu sekali, sebab rasa sakitnya yang terasa begitu hebat. Oleh sebab itulah segera obati gigi yang berlubang tersebut dengan memanfaatkan daun bunga kamboja. Caranya, silakan Anda ambil getah pohon bunga plumeria dengan menggunakan kapas, lalu oleskan kapas tersebut di bagian gigi yang berlubang. Anda bisa melakukan cara ini secara rutin sampai rasa sakit akibat gigi berlubang yang Anda derita sembuh.

8. Untuk mengobati panu

Panu juga bisa diobati dan disembuhkan dengan cara mudah dan aman oleh daun bunga kamboja. Oleh sebab itu sangat disarankan sekali untuk mencoba mengobati panu yang Anda derita dengan daun bunga plumeria . Caranya mudah sekali, yakni dengan mengambil kulit batang daun bunga kamboja secukupnya, lalu rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Silakan Anda gunakan air rebusan ini untuk mandi atau pun mencuci bagian tubuh Anda yang panuan.

9. Sebagai pelengkap sayuran

Bunga kamboja yang dicampurkan ke dalam masakan juga sangat dipercaya sekali bisa memberikan efek citra rasa sedap, juga terapi kesehatan yang pastinya sangat bermanfaat sekali bagi tubuh.

10. Untuk mengobati frambusia

Lalu untuk mengobati frambusia dengan menggunakan daun bunga kamboja caranya juga sangat mudah sekali, yakni dengan mengambil kulit batang bung kamboja sebanyak 3 telapak tangan, kemudian cuci dan potong – potong. Rebus dengan 3 liter air sampai mendidih. Tunggu air rebusan tersebut sampai hangat dan mandi atau berendamlah dengan air rebusan ini secara rutin sampai sembuh.

11. Untuk mengobati borok

Silakan Anda coba obati borok yang Anda derita dengan cara mengoleskan getah bunga kamboja di borok yang terlebih dulu dicuci dengan air hangat.

12. Untuk mengatasi sengatan tawon dan lebah, juga gigitan kelabang

Apabila Anda tersengat tawon, lebat, atau pun digigit oleh kelabang, maka ada baiknya cara alami yang Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengoleskan getah bunga kamboja di bagian tubuh yang tersengat atau pun tergigit.

13. Untuk mencegah dampak akibat panas yang berlebihan

Perlu Anda tahu bahwa ternyata panas yang berlebih akibat sengatan sinar matahari atau pun udara yang terlalu panas bisa sebabkan pingsan. Dengan memanfaatkan bunga kamboja merah maka dampak buruk akibat panas berlebihan tersebut dapat dicegah dengan baik.

14. Untuk mengatasi nyeri haid atau menstruasi

Nyeri haid atau menstruasi yang dikeluhkan oleh sebagian wanita di setiap datang bulan juga bisa diatasi dengan cara memanfaatkan tumbuhan kamboja merah. Hal tersebut didukung oleh sifat anti radang dan juga analgesik, atau pun pereda rasa sakit yang dimiliki oleh bunga kamboja.

15. Untuk mengatasi sariawan

Biasanya penyakit sariawan ini tidak berbahaya, akan tetapi sudah pasti harus segera diobati sebab menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Maka dari itu Anda bisa coba cara alami satu ini, yakni dengan mengkonsumsi jus kulit kayu bunga plumeria .

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan

kegunaan bunga kamboja

16. Untuk menghilangkan tahi lalat

Tahi lalat yang jumlahnya terlalu banyak di tubuh maka efeknya tidak mempercantik diri, akan tetapi justru sangat mengganggu penampilan. Jika Anda memang ingin menghilangkan tahu lalat secara alami dan minim resiko, maka sangat disarankan sekali agar Anda menggunakan daun bunga kamboja. Caranya mudah sekali, yakni dengan mengambil getah bunga plumeria dengan menggunakan kapas. Lalu menempelkan kapas di tahi lalat Anda. Silakan lakukan cara tersebut secara rutin sampai tahi lalat hilang.

17. Untuk meningkatkan elastisitas kulit

Tingginya kandungan vitamin E dan emolin yang ada di dalam bunga kamboja ternyata juga sangat berguna sekali untuk meningkatkan elastisitas kulit, sehingga sangat baik digunakan untuk merawat kecantikan kulit Anda. Sementara itu kandungan glikosida dan konstituen lainnya sangat berguna untuk melembabkan kulit dan sebagai anti inflamasi alami, sehingga banyak sekali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan. Sebab memiliki sifat yang menenangkan, menjadikan kulit yang kering jadi lebih lembab, mengatasi pecah – pecah, dan memberi kelembutan serta kelembaban alami pada kecantikan kulit seseorang.

18. Untuk menghaluskan kaki pecah – pecah

Kulit kaki pecah – pecah seperti ini sudah pasti sangat mengganggu penampilan, sebab membuat Anda tidak percaya diri lagi ketika memakai sepatu. Anda bisa membuat kulit kaki jadi kembali halus, lembut, dan indah dengan daun bunga kamboja. Caranya, ambil 1 potong kulit bunga plumeria lalu rebus bersama 3 liter air bersih. Jika sudah mendidih tunggu sampai hangat. Rendam kaki Anda yang pecah – pecah tersebut dengan menggunakan air rebusan kulit bunga ini. Lakukan saja hal ini secara rutin dan teratur minimal 1 kali sehari sebelum tidur.

19. Sebagai sumber kalogen

Bunga kamboja memiliki kandungan glikosida yang tinggi. Ini adalah jenis senyawa gula yang dipercaya sangat baik sekali untuk meningkatkan produksi kolagen yang menjadi komponen terpenting jaringan ikat kulit. Glikosida dan manfaat kolagen di dalam bunga ini sangat berguna sekali untuk tingkatkan penyerapan bahan lain serta melembabkan kulit karena kemampuannya dalam mengikat molekul air.

20. Untuk menjaga kecantikan kulit

Bunga kamboja mengandung vitamin E dan emolien yang tinggi, sehingga sangat baik sekali untuk perawatan kecantikan dan menjaga kesehatan kulit. Menjadikan kulit Anda jadi lebih halus, lembab, bernutrisi, dan kenyal.

Mengetahui Khasiat Bunga Kamboja Pada Setiap Bagiannya

Manfaat Bunga Kamboja

Tidak hanya bagian bunga dari bunga kamboja yang bisa dimanfaat ternyata masih ada banyak lagi bagian bunga plumeria yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal, berikut adalah ulasan selengkapnya.

Kegunaan Batang pohon bunga kamboja

Batang dari bunga kamboja ini memiliki kandungan getah putih yang didalamnya mengandung senyawa sejenis karet, kautscuk, damar, senyawa triterpenoid amytin, dan juga lupeol. Kulit batang bunga plumeria sendiri bermanfaat untuk hilangkan rasa sakit sebab bengkak, atau adanya pecah – pecah di bagian telapak kaki. Getah dari bunga kamboja juga mengandung senyawa glikoda yang memiliki sifat racun oleh sebab itu bisa digunakan pula untuk mengobati sakit gigi atau sebagai obat luka jika diberikan dengan dosis yang tepat. Satu hal yang harus diperhatikan di sini, yakni getah bunga plumeria tidak boleh terkena mata sebab akan mengakibatkan kebutaan.

Manfaat Bunga kamboja

Bunga kamboja ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah asam urat dan rematik, meredakan demam tinggi, melancarkan keluarnya air seni, mengobati sembelit, dan mengobati pencernaan. Selain hal tersebut, wangi dari bunga plumeria ini juga sering sekali dimanfaatkan sebagai bahan campuran minyak wangi, sabun mandi, dan obat nyamuk.

Khasiat Getah bunga kamboja

Getah bunga kamboja bisa sembuhkan gatal – gatal karena mengandung sejenis antiseptik. Akan tetapi dalam penggunaannya perlu diperhatikan dosis serta kondisi kulit penderita sebab jika jenis kulit penderita cukup sensitif, maka penggunaan getah bunga plumeria ini akan menimbulkan iritasi. Getah bunga kamboja bisa diambil dengan cara mematahkan pangkal daun atau pun memangkas batang pohon bunga plumeria.

Jenis – Jenis Bunga Kamboja yang Harus Diketahui

Adenium windmill

jenis bunga kamboja

Untuk jenis bunga kamboja yang pertama ini memiliki daun yang panjang, berbulu, runcing, dan berwarna hijau tua. Kelopak bunga plumeria dengan jenis ini berwarna merah muda dengan memiliki semburat putih di bagian tengah kelopak. Pertumbuhannya sedang, ini artinya tidak cepat akan tetapi juga tidak lambat. Jenis ini rajin sekali berbunga.

Adenium swazicum

jenis Bunga Kamboja Jepang

Kemudian untuk jenis bunga kamboja ini memiliki daun yang terdiri dari 2 jenis warna, yakni hijau tua dan hijau muda, dengan bulu – bulu yang halus di bagian bawah di setiap daunnya. Bunganya berbentuk seperti bintang yang tampak begitu cantik.

Adenium waterfall

bunga kamboja merah

Kemudian untuk jenis ini memiliki bentuk daun yang agak membulat dan berbulu. Warna bunga kamboja dengan jenis ini merah tua dan memiliki bercak putih. Pertumbuhan jenis bunga plumeria tersebut sedang.

Adenium obesum

deskripsi bunga kamboja

Tanaman bunga kamboja dengan jenis ini asalnya dari Afrika Selatan dan sangat terkenal sekali sebagai tanaman hias di daerah – daerah tropis. Jenis daunnya ada bermacam – macam, mulai dari yang kasar hingga yang tipis. Bunga plumeria dengan jenis tersebut memiliki warna merah muda dan putih, akan tetapi ada pula yang berwarna merah pekat. Jenis bunga kamboja ini adalah jenis yang paling sering berbunga.

Adenium multiflorum

jenis bunga kamboja langka

Bunga kamboja dengan jenis ini ada di Afrika Selatan bagian sisi timur. Tanaman kamboja tersebut cukup tinggi dan bercabang dengan daun yang cukup lebar pula. Bunganya berwarna putih dan memiliki garis merah di bagian pinggirannya. Tanaman bunga plumeria tersebut bahkan memiliki masa dorman yang panjang, dimana tanaman tersebut nanti akan berbunga akan tetapi tanpa daun.

Adenium white knight

Bunga Kamboja Kuning

Daun dari bunga kamboja dengan jenis ini berwarna hijau tua dan tidak berbulu. Bunganya berwarna putih dan bersih. Pertumbuhan bunga plumeria jenis tersebut terbilang cukup cepat sekali dan rajin berbunga. Adenium bohemianum adalah jenis bunga ini yang asalnya dari Namibia dan Angloa. Tanaman ini bercabang banyak dan merupakan jenis paling besar dari jenis bunga plumeria yang lain, akan tetapi memiliki masa tumbuh yang pendek. Warna dari bunga ini adalah putih. deskripsi bunga kamboja

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang fakta unik dan ragam manfaat bunga kamboja yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment