Bunga Dahlia, Si Cantik nan Indah siap Menggoda bagi Yang Memandangnya

No ratings yet.

Bunga dahlia merupakan salah satu jenis bunga yang adaptif. Tidak hanya memiliki keindahan yang menjadikan banyak orang yang menyaksikannya akan tertarik karena kecantikan dan keindahan yang dimiliki, akan tetapi bunga ini juga memiliki kelebihan lain. Kelebihan kembang dahlia yang lain yaitu mudahnya tanaman dahlia untuk tumbuh. harga bunga dahlia

Dengan hal tersebut menjadikan banyak ibu yang suka berkebun memilih tanaman dahlia yang mudah tumbuh ini untuk ditanam. Namun bagi Anda yang masih belum mengenal tentang kembang dahlia, kita akan berkenalan dengan bunga indah ini dalam kesempatan kali ini. Informasi selengkapnya tentang bunga ini bisa Anda simak berikut ini!

Baca JugaKumpulan Gambar Bunga Tercantik di Seluruh Dunia, Cocok Untuk Jadi Wallpaper HP!

Informasi Umum Tentang Ciri-ciri Bunga Dahlia

cara Merawat bunga dahlia

Pada kesempatan kali ini kita akan berkenalan dulu dengan kembang dahlia. kembang dahlia merupakan jenis tanaman perdu berumbi yang sifatnya perenial atau tahunan. Jenis bunga yang satu ini mekar dari musim panas sampai di musim gugur.

Bunga dahlia adalah jenis bunga yang berasal dari daerah Meksiko dan menjadi bunga nasional di negara meksiko dengan keindahan yang turut ditawarkannya. Bunga ini memang jenis yang sulit berkembang biak. Dari satu kotak umbi bunga ini saja, hanya satu buah umbi yang bisa berbunga dan menghasilkan kembang dahlia terindah dengan daun yang runcing.

Bunga dahlia sendiri merupakan jenis makanan bagi larva spesies lepidotera. Larva ini merupakan sejenis larva kupu – kupu yang sangat indah. Penamaan bunga ini digunakan untuk menghormati ahli botani swedia di abad ke 18 yang bernama Ander Dahl. Kembang dahlia juga termasuk jenis bunga resmi di kota Seattle, Washington, Amerika Serikat. Sebagian besar varietas bunga ini sendiri menghasilkan bunga yang indah dan sangat menawan sehingga bunga yang satu ini menjadi suatu komoditas penting untuk industri bunga potong.

Jenis – Jenis Bunga Dahlia yang Banyak ditanam Beserta Gambar

jenis jenis bunga dahlia

Sebenarnya kembang dahlia hadir dengan berbagai jenis. Akan tetapi diantara sekian banyak jenis yang ada, terdapat beberapa jenis bunga dahlia yang paling terkenal dan paling banyak disukai orang diantaranya :

Hanakerusai dahlia

Bunga dahlia

Jenis bunga dahlia yang satu ini hadir dengan kesan yang sangat cantik. Warnanya merah dengan semburat kuning di bagian tengah yang mengesankan perpaduan warna sangat sempurna. Bentuk mahkota bunga ini runcing dan mengumpul banyak sehingga menambah kesan yang sangat presisi.dahlia pinnata

Dahlia kuning

bunga dahlia

Bunga dahlia juga ada yang berwarna kuning. Seperti ciri khas kembang dahlia yang lain, bunga ini juga memiliki mahkota yang bentuknya kecil – kecil dan mengumpul sempurna. Daun bunga ini kecil dan tangkainya panjang.dahlia leaves

Hibotan dahlia

bung dahlia

Jenis hibotan dahlia yang satu ini warnanya merah jambu dan sangat cantik. Di bagian tengah mahkotanya terdapat kuncup kecil yang semakin menambah indah kesan dari bunga dahlia yang berjenis hibotan  dahlia ini.dahlia scientific nama

Baca Juga:  Ini nih Bunga Krisan yang Bakal Buat Kamu "Kerasan"

Yukitemari dahlia

kembang dahlia

Sepintas namanya memberikan kesan unsur Jepang. Akan tetapi tetap bunga ini bukan bunga dahlia yang berasal dari Jepang. Yukitemari dahlia memiliki warna putih yang sangat bersih dan indah. Kemudian di bagian tengahnya terdapat sari bunga yang warnanya putih kemerahmudaan. Hal ini menjadikan kesan putih yang suci berpadu sari bunga yang indah semakin menambah kesan menawan pada jenis Yukitemari dahlia.dahlia imperialis

Manfaat Bunga Dahlia Untuk Kesehatan

Khasiat Bunga Dahlia

Selain keindahannya sehingga banyak orang menjadikan kembang dahlia sebagai tanaman hias, jenis bunga yang satu ini nyatanya juga sangat berkhasiat bagi kesehatan. Banyak manfaat bunga dahlia untuk kesehatan, diantaranya :

Membantu menurunkan tekanan darah

Kandungan yang paling besar didalam bunga dahlia adalah inulin. Inulin yang terkandung didalam umbi bunga ini ternyata dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi sehingga tekanan darah menjadi kembali normal. Tekanan darah yang mencapai angka normal dapat menjadikan aliran darah semakin lancar dan terhindar dari timbulnya penyakit stroke untuk beberapa orang.dahlia meaning

Karena kandungan inulinnya, bunga ini menjadi prebiotik inulin

Seperti yang kita sudah beri tahu sebelumnya bahwa bunga dahlia memiliki kandungan inulin yang sangat besar. Inulin merupakan sebuah polimer yang berasal dari unit – unit fruktosa dengan serat pangan yang mencapai sampai dengan angka 90%. Inulin ini fungsinya menjadi prebiotik karena merupakan komponen pangan substrat mikroflora yang menguntungkan didalam usus.

Setelah dikonsumsi, senyawa inulin mencapai usus besar dalam kondisi struktur yang tidak berubah. Akan tetapi inulin segera difermentasikan dengan mikroflora yang terdapat didalam usus besar. Inulin kemudian difermentasikan menjadi asam lemak rantai pendek dan dari beberapa mikroflora yang spesifik nantinya akan dihasilkan asam laktat.

Kondisi yang semacam ini dapat menurunkan tingkat derajad keasaman pH pada usus besar. Peluncuran inulin pada umbi dahlia sendiri merupakan suatu riset kerja sama antara pengelola Kebun Raya Cibodas dengan Badan Pusat Penelitian Kimia yang dipimpin oleh Sri Pudji Praharti.dahlia roots

Inulin dari bunga dahlia bisa didapatkan dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan cara pemasakan larutan umbi dahlia di suhu 80 90 derajad celcius selama kurang lebih 30 menit. Sejumlah riset juga turut menegaskan bahwa metode yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan inulin merupakan suatu metode ekstraksi umbi dahlia kemudian diendapkan dengan memanfaatkan air atau etanol.

Hasil ekstraksinya dapat ditambahkan dengan arang aktif untuk mendapatkan inulin yang berwarna lebih putih bersih. Arang aktif ini nantinya akan berusaha mengikat suatu komponen warna seperti halnya tannin atau karbonil yang dapat menimbulkan warna cenderung kecoklatan.

Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kolesterol yang sudah masuk di dalam darah dapat memberikan suatu dampak buruk terhadap aliran darah serta juga bisa menimbulkan berbagai jenis penyakit seperti halnya sakit jantung, stroke dan yang lainnya. Hal ini karena aliran darah tersumbat oleh kolesterol.

Untuk kembali melancarkan aliran darah Anda bisa lakukan dengan banyak mengonsumsi air putih dan menghindari makanan yang banyak mengandung minyak. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan umbi bunga dahlia. Hal ini karena kandungan didalam umbi tanaman dahlia dipercaya memiliki zat penting yang dapat membantu menghancurkan dan menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar maka menjadikan tubuh Anda berpotensi terhindar dari berbagai macam serangan penyakit jantung dan juga stroke.

Membantu melancarkan sistem pencernaan

Umbi dari bunga dahlia memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Kandungan yang terdapat didalam umbi tanaman dahlia sendiri memiliki sifat yang larut didalam air serta tidak mudah dicerna oleh enzim pencernaan. Selain itu asam laktat yang dihasilkan oleh inulin pada umbi kembang dahlia juga dapat membantu dalam merangsang gerak peristaltic di bagian usus besar manusia sehingga dapat membantu mencegah terjadinya sembelit.

Baca Juga:  50+ Unordinary Rose Arrangement Ideas Girlfriend

Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi

Umbi dari bunga dahlia juga dapat dijadikan sebagai susu yang mudah dikonsumsi. Susu yang dihasilkan oleh bagian umbi dari tanaman dahlia ini sangat aman dikonsumsi berbagai usia mulai dari anak – anak sampai dengan orang dewasa sekalipun.

Susu ini memiliki kandungan inulin yang besar manfaatnya dalam membantu pertumbuhan tulang dan juga gigi pada anak – anak. Sementara pada orang dewasa, mengonsumsi susu dari bagian umbi bunga dahlia sangat besar dalam mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau mencegah masalah osteoporosis pada manusia.

Mencegah terjadinya obesitas

Walau umbi bunga dahlia memiliki kandungan serat yang tinggi, akan tetapi kandungan kalori didalam umbi tanaman dahlia dapat dikatakan cenderung rendah. Serat yang tinggi dan juga kandungan kalorinya yang rendah bisa membantu menurunkan berat badan dan juga mencegah terjadinya masalah obesitas yang banyak dialami oleh orang yang memang memiliki potensi untuk gemuk.

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan inulin yang terdapat didalam bunga dahlia bisa difermentasi menjadi asam lemak rantai pendek dan juga beberapa mikroflora asam laktat. Asam lemak dan juga mikroflora asam laktat ini mampu membantu dalam konteks menurunkan kadar pH kolon dan membantu menghambat terjadinya pertumbuhan bakteri pathogen secara alami.

Pertumbuhan bakteri pathogen yang terhambat inilah yang mampu membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh dimana daya tahan tubuh yang kuat juga turut akan menjadikan tubuh kebal atas beberapa penyakit yang menyerang, terlebih yang penyebabnya adalah virus.

Membuat tubuh jadi lebih sehat

Kandungan pada bunga dahlia memiliki banyak manfaat yang nantinya akan membantu Anda dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam serangan penyakit. Karenanya Anda dianjurkan untuk mengonsumsi bunga ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat tubuh yang sehat.

Cara Menanam Bunga Dahlia Agar Cepat Berbunga

Budidaya Bunga Dahlia

Kenali dulu dasar penanaman bunga dahlia

Sebelum Anda menanam kembang dahlia, hal pertama yang Anda perlu lakukan adalah mengetahui tentang apa saja yang perlu Anda ketahui sebagai langkah permulaan dalam menanam bunga dahlia. Kuncinya adalah pastikan  Anda tanam di lokasi yang memberikan sinar matahari terik dengan adanya sistem pengairan yang lancar dan tidak tersendat. Inilah kunci utama agar kembang dahlia bisa tumbuh. Jika keduanya tidak Anda pastikan maka kembang dahlia Anda akan sulit tumbuh, bahkan beresiko mati setelah Anda tanam.

Siapkan media tanam yang tepat

Dalam memudahkan proses penanaman bunga dahlia, ada baiknya terlebih dahulu Anda siapkan media tanam. Akan tetapi jika Anda menanam kembang dahlia secara langsung di tanah, maka Anda harus siapkan dulu lahan tanahnya dan bersihkan lebih dulu agar lahan tanah tersebut steril sebelum Anda gunakan menanam bunga .

Akan tetapi jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas dan terbatas, maka Anda tetap bisa menikmati keindahan  tanaman dahlia didalam media tanam yang berupa pot bunga. Anda bisa letakkan bunga dahlia di teras rumah Anda atau didalam rumah.

Akan tetapi pastikan juga bahwa tanaman yang Anda akan tanam mendapatkan sinar matahari yang cukup juga mendapatkan air yang pas. Jangan lupa ketika Anda menanam bunga dahlia di dalam pot, Anda perlu siapkan tanah yang berhumus dan pupuknya jangan sampai lupa.

Baca Juga:  Mengetahui Fakta, Manfaat dan Jenis Tulip Bagi Kesehatan Lengkap

Persiapkan bibit tanaman dahlia

Seperti yang kita sudah tahu selama ini bahwa bibit dari tanaman dahlia sebenarnya sangat mudah Anda dapatkan. Bahkan jika memang Anda memiliki tanaman bunga dahlia yang sudah tumbuh sebelumnya, Anda bisa mendapatkan bibitnya secara manual dari biji, batang dan umbinya. Kemudian nanti bisa berkembang menjadi bibit baru.

Akan tetapi jika Anda tidak ingin melakukan pembuatan bibit secara manual, Anda bisa beli bibitnya secara langsung. Anda bisa memilih jenis apa saja yang Anda inginkan. Setelah memilih jenis dahlia apa yang Anda akan tanam, Anda tinggal semai bibitnya ke dalam polybag yang sebelumnya Anda telah isi dengan media tanam.

Lanjutkan pada proses penanaman bunga dahlia

Ketika bibit bunga sudah tumbuh cukup tinggi, kemudian Anda bisa pindahkan ke sebuah wadah yang lebih besar. Anda hanya perlu siapkan wadah selanjutnya. Manfaatkan juga pupuk kimia agar dapat semakin menunjang pertumbuhan dari tanaman dahlia tersebut.

Mengenai bagaimana cara pemeliharaan bunga dahlia yang Anda perlu tahu dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Bibit dari polybag perlu Anda pisahkan dengan hati – hati. Caranya Anda perlu longgarkan media tanam lebih dulu agar tidak ada akar yang rusak dan putus.
  • Kemudian pangkas daun dahlia agar tidak terfokus semua nutrisi pada perkembangan daun dan nantinya akan banyak bunga yang bermekaran pada akhirnya. Hal ini yang akan menjadi penyebab fokus nutrisi hanya ke daerah bunga saja.
  • Anda juga bisa menggunakan stimulasi pertumbuhan dengan cepat melalui cara pemupukan baik pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia atau pemupukan dengan memanfaatkan pupuk kompos. Akan tetapi untuk menjaga lingkungan, lebih dianjurkan agar pemupukan melalui pupuk kompos.
  • Perhatikan cahaya dari sinar matahari karena pertumbuhan bunga dahlia juga perlu sinar matahari yang memadai.

Cara Merawat Bunga Dahlia agar Rajin Berbunga

cara merawat bunga dahlia agar cepat berbunga

Selain cara menanam bunga dahlia yang perlu Anda tahu, setelah semua proses itu selesai yang Anda harus lakukan adalah merawatnya. Langkah – langkah perawatan kembang dahlia sebagai berikut :

  • Jika bunga sudah tumbuh dengan baik, maka Anda bisa kurangi intensitas pemupukannya dari sebelumnya.
  • Lakukan pemangkasan dengan Anda ganti intensitas pemupukannya.
  • Potong daun dan ranting yang berlebihan atau yang telah mengalami pembusukan dengan Anda manfaatkan gunting tanaman atau pisau yang tajam.
  • Jaga bunga dari berbagai macam serangan hama dan penyakit termasuk ulat.
  • Jangan Anda terlalu sering menyiram tanaman bunga karena hal ini dapat menjadi penyebab bunga Anda berpotensi mengalami pembusukan.
  • Jika cuaca berubah mengering dan panas, maka intensitas Anda merawat bunga dengan cara menyiram juga harus jauh lebih baik. Lihat tingkat kelembaban tanah atau media tanam tempat bunga Anda tumbuh.
  • Hindari membiarkan bunga terendam terlalu banyak air atau terlalu kering.
  • Pastikan selalu bahwa Anda meletakkan bunga di daerah yang terkena dengan sinar matahari secara langsung karena hal ini sangat baik bagi tumbuh kembangnya tanaman dahlia.
  • Buang berbagai macam gulma atau tanaman hama yang dapat menyerang tanaman bunga dahlia Anda.
  • Pisahkan tunas yang baru supaya pertumbuhan mereka tidak terlalu padat jika Anda gunakan pot.
  • Berikan teknik semprot anti hama jika tanaman terserang hama yang tidak terkendali.

Itulah informasi selengkapnya untuk Anda tentang kembang dahlia. Anda yang ingin membuat rumah semakin semerbak dengan keindahan bunga, menanam bunga dahlia sangat dianjurkan. Namun pahami juga kebutuhan bunga ini agar bunga yang Anda tanam mudah tumbuh.

Apakah artikel ini Bermanfaat?

Leave a Comment