Seribu Manfaat Bunga Cempaka (Kembang Kantil), dibalik Mitosnya yang Melegenda

Bicara tentang bunga cempaka, banyak orang yang selama ini mengait – ngaitkan bunga cempaka dengan berbagai macam mitos. Bunga ini yang juga dikenal dengan nama lain bunga kantil ini dipercaya merupakan bunga yang aromanya disukai oleh makhluk halus. Karena itu banyak mitos gaib yang disertakan tentang bunga kantil atau bunga cempaka.

Padahal sebenarnya dibalik semua itu, bunga cempaka termasuk salah satu jenis bunga yang sangat cantik dan cara budidayanya juga sangat mudah. Bunga ini cocok dijadikan sebagai bunga penghias. Bunga ini merupakan bunga yang bisa tumbuh sampai dengan 25 meter dan memiliki lebih dari 50 jenis di seluruh dunia. Hanya saja yang terkenal di Indonesia hanya beberapa. Informasi lengkapnya tentang bunga kantil atau bunga cempaka bisa Anda simak berikut ini!

Baca JugaKumpulan Gambar Bunga Tercantik di Seluruh Dunia, Cocok Untuk Jadi Wallpaper HP!

Jenis – Jenis Bunga Cempaka

macam Bunga Cempaka

Bunga cempaka putih

jenis bunga cempaka

Bunga cempaka putih sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bunga dengan nama latin Michelia Alba ini bisa tumbuh sampai mencapai ketinggian 30 meter. Bunga kantil putih yang sering disebut bunga kantil ini di bagian rantingnya memiliki bulu halus yang warnanya keabu – abuan. Jenis daunnya merupakan daun tunggal dengan bentuk telur dan memiliki warna hijau cerah.

Bunga cempaka ketika masih muda memiliki warna hijau setelah mekar kemudian warnanya berubah menjadi putih bersih. Kembang cempaka putih saat ini sudah menjadi salah satu flora yang menjadi ciri khas provinsi Jawa Tengah. Bagi masyarakat Jawa Tengah, bunga kantil putih ini digunakan dalam berbagai upacara adat seperti menghias senjata pusaka, menjadi hiasan pengantin sedangkan dalam prosesi kematian bunga ini digunakan sebagai bunga tabor dan juga penghias keranda jenazahnya.

Bunga cempaka merah

jenis bunga cempaka

Bunga cempaka merah tidak sepopuler Kembang cempaka putih. Bunga Kantil merah memiliki ciri khas tersendiri. Bunga ini masih berada didalam keluarga magnoliaceae yang memiliki bunga warna merah muda yang bisa tumbuh di bagian ujung rantingnya.

Walau memiliki ukuran mungil yaitu 5 sampai dengan 7 cm, kelopak bunganya bersusun sangat rapi. Aroma yang harum dihasilkan dari bunga cempaka merah sangat tajam dan khas. Akan tetapi proses mekar dari bunga ini sangat singkat yaitu sekitar 2 jam saja. Setelahnya bunga ini akan layu dan bentuknya seperti bunga kantil biasanya.

Bunga cempaka merah termasuk ke dalam jenis kembang cempaka yang tidak seindah tanaman hias bunga yang lain akan tetapi sudah terlanjur menjadi buruan para kolektor tanaman hias. Hal tersebut karena bunga ini memang tergolong ke dalam jenis bunga yang langka. Saat ini harganya juga masih tinggi mencapai 1 sampai dengan 3 juta rupiah untuk kuntum bunganya saja.

Tak hanya kuntum bunga yang harganya selangit, akan tetapi pohon bunga cempaka merah juga harganya sangat tinggi mencapai 10 sampai dengan 15 juta rupiah. Semua itu tergantung juga atas kualitas dari tanamannya.

Baca Juga:  Bunga Raflesia, Tumbuhan Bunga Parasit di Hutan Hujan Indonesia

Bunga cempaka kuning

jenis bunga cempaka

Tanaman bunga cempaka kuning ini hadir dengan aroma yang sangat khas. Ketinggiannya mencapai 25 meter dimana daunnya memiliki bentuk telur bulat dengan warna hijau cerah yang bagian ujungnya terkesan meruncing.

Bunga cempaka kuning sendiri menjadi salah satu flora yang sangat identik dengan provinsi Aceh. Di daerah tersebut, bunga ini dikenal dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng dimana untuk memperbanyak tanaman ini, Anda bisa lakukan dengan dua cara. Dua cara tersebut yaitu dengan mencangkok atau bisa dengan menanam bijinya. Jika Anda ingin menggunakan tanaman ini sebagai tanaman hias ada baiknya Anda ambil bibit dengan cara mencangkok. Tujuannya agar tanaman tidak sampai tumbuh terlalu tinggi.

Bunga cempaka ungu

jenis bunga cempaka

Bunga cempaka ungu memiliki nama latin Magnolia liliaflora. Magnolia liliaflora ini tidak kalah indah dengan bunga kantil yang lain. Bagian kelopak bunga dengan warna ungu terang dan juga aroma yang harum untuk menjadikan banyak orang agar terpesona dengan keindahan bunga yang satu ini.

Jumlah daun pada bunga anggrek ungu ini terkesan seperti tertutupi dengan jumlah bunga yang banyak pada masing – masing rantingnya. Bunga cempaka ungu juga akan berbunga ketika awal musim hujan dan juga bisa tumbuh dengan optimal jika ditanam di daerah dataran tinggi dengan suhu mencapai 20 – 26 derajad celcius.

Manfaat Bunga Cempaka Bagi Kesehatan

Khasiat bunga cempaka

Membantu menyembuhkan perut yang mengalami kembung

Ada banyak manfaat bunga cempaka bagi kesehatan. Salah satunya bunga kantil dapat menyembuhkan perut yang mengalami kembung. Perut kembung sebenarnya diakibatkan oleh banyaknya gas yang ada didalam lambung sehingga gas tersebut perlu dikeluarkan.

Caranya dengan Anda manfaatkan bunga cempaka. Anda bisa rebus bunga kantil dengan campuran jahe, kulit jeruk keprok kering dan juga tanaman kapulaga. Kemudian Anda cukup dengan mengonsumsi ramuan tradisional yang dapat menjadikan masalah perut kembung Anda segera teratasi.

Membantu menghilangkan masalah bau badan

Bunga cempaka dikenal sebagai jenis bunga yang memiliki aroma sangat wangi. Aroma wangi dari kembang cempaka tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan atau mengurangi bau badan yang tidak sedap.

Bau badan yang tidak sedap sebenarnya terjadi karena banyaknya keringat yang datang bercampur bakteri yang menempel di tubuh. Karenanya bagi Anda yang memiliki masalah bau badan yang tak sedap sehingga dapat berpotensi menghilangkan rasa percaya diri Anda, sekarang Anda bisa segera atasi dengan menggunakan bunga cempaka.

Anda bisa mengonsumsi bunga cempaka setiap hari secara rutin untuk membantu menghilangkan bau badan Anda yang tidak sedap. Dengan aroma khas yang terdapat pada bunga kantil menjadikan hal tersebut sangat penting dalam menghilangkan masalah bau badan.

Membantu mengatasi masalah keputihan pada wanita

Keputihan yang dialami oleh kaum hawa sebenarnya disebabkan oleh infeksi virus, jamur, parasit dan juga bakteri yang tumbuh di area organ intim. Kemudian keputihan juga perlu diobati demi menjaga kesehatan tubuh agar tidak sampai menimbulkan bau yang tidak sedap pada akhirnya. Keputihan yang terjadi bisa diobati dengan menggunakan bunga cempaka. Hal ini karena bunga cempaka memiliki sifat antibakteri yang dapat mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan infeksi bakteri termasuk keputihan.

Membantu mengatasi masalah batuk berdahak

Selain beberapa manfaat diatas, manfaat lain dari bunga cempaka adalah untuk mengatasi batuk berdahak. Karenanya bagi Anda yang sekarang sedang terserang batuk berdahak ada baiknya mengonsumsi bunga ini.

Bagi Anda yang sekarang sedang terserang batuk berdahak ada baiknya Anda mengonsumsi bunga ini karena disebabkan kandungan didalamnya yang memberikan manfaat luar biasa dalam menghilangkan atau mengatasi masalah batuk berdahak.

Baca Juga:  Fakta Menarik Bunga Bangkai di Balik Baunya yang Tidak Enak

Mengobati penyakit vertigo

Penyakit vertigo merupakan salah satu gejala pusing yang datang dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling orang yang mengalami vertigo tersebut terasa berputar secara tiba – tiba. Kondisi ini ada yang ringan dan tidak terlalu terasa. Ada juga yang parah sehingga akan mengganggu aktivitas harian orang yang bersangkutan.

Karenanya jika Anda pada suatu saat mengalami serangan penyakit ini maka secara cepat Anda perlu mengonsumsi ramuan yang dibuat dari bunga cempaka. Kandungan didalam bunga cempaka yang dijadikan sebagai ramuan dipercaya memberikan peran yang sangat besar dalam pengobatan masalah penyakit vertigo.

Membantu mengobati masalah bronchitis

Bronchitis merupakan salah satu infeksi yang terjadi pada area saluran nafas penderita. Orang yang mengalami bronchitis akan mengalami radang atau inflamasi di saluran yang bersangkutan. Bronchitis ini merupakan salah satu gangguan pernapasan yang harus segera diobati.

Jika Anda tidak segera mengobatinya, akan mengakibatkan infeksi pada saluran pernapasan akut. Kemudian hal tersebut tentu akan berdampak buruk pada akhirnya. Cara dalam pengobatan bronchitis dengan memanfaatkan bunga cempaka cukup mudah.

Anda bisa keringkan bunga cempaka kemudian hasil pengeringannya Anda jadikan ramuan bunga cempaka yang dicampur dengan air hangat dan madu. Ramuan ini selain dapat membantu mengatasi masalah bronchitis, juga dapat membantu meredakan batuk dan penyakit asma.

Proses dan Cara Budidaya Bunga Cempaka Agar Cepat Tumbuh

Cara Budidaya Bunga Cempaka

Dimulai dari cara pembibitan bunga cempaka

Dalam cara budidaya bunga Cempaka, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah siapkan bibit kembang cempaka. Terdapat berbagai macam cara yang Anda bisa lakukan untuk bisa mendapatkan bibitnya. Langkah – langkah untuk pembibitan bunga kantil sebagai berikut ini :

  • Untuk bibit berkualitas bunga cempaka, jika Anda masih belum punya, Anda bisa beli di toko bibit secara langsung atau di toko bibit online yang sekarang sudah banyak pilihannya. Namun jika bibit bunga kantil Anda beli di toko online, pastikan bahwa sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, lihat dulu review toko online tersebut atau Anda juga bisa bertanya kepada si pemilik toko.
  • Pilih bibit yang memang sudah layak tanam dan memiliki kualitas terbaik. Anda harus memahami ciri – cirinya agar tidak salah pilih bibit. Bibit cempaka yang baik adalah bibit yang warnanya tidak pucat dan tidak mengalami pengelupasan apapun alias tidak cacat.
  • Pastikan bahwa akar pada bibit bunga cempaka sudah tumbuh dan berkembang biak dengan sebaik mungkin. Pastikan juga bahwa daun atau batangnya tidak sampai layu. Untuk bibit yang siap tanam, sebenarnya merupakan bibit yang sudah dipindahkan pada polybag berukuran sedang dengan ketinggian bibit mencapai 30 sampai dengan 50 cm.
  • Selain Anda bisa beli bibit, Anda juga bisa mendapatkan bibit cempaka dari biji buah pohon cempaka secara langsung. Jika memang Anda menanam cempaka di rumah dan tanaman tersebut sudah tumbuh besar, maka mendapatkan bibitnya dari pohonnya secara langsung akan lebih dianjurkan karena kualitas bibit Anda tentu sudah mengetahuinya.
  • Cara pembibitan cempaka memang cenderung rumit.
  • Anda perlu terlebih dahulu melakukan proses pemilihan benih, penyemaian benih juga sampai menjadi bibit yang benar – benar layak untuk ditanam.
  • Cara lain yang cepat yaitu dengan melakukan teknik cangkok. Anda harus tahu bahwa pohon bunga cempaka yang sudah berumur lebih dari 3 tahun memiliki batang dan dahan yang mudah untuk melalui proses pencangkokan.
  • Jika Anda ingin mencangkok, baiknya Anda pilih indukan yang memiliki kualitas baik yaitu yang sehat dan jarang terkena penyakit. Pilih juga pohon cempaka yang bunganya lebat untuk dicangkok.
Baca Juga:  Jenis-Jenis Bunga Mawar ini Jarang Orang Tau, Ini Dia Penampakannya !

Agar jauh lebih praktis dalam proses pembibitan bunga cempaka, dianjurkan untuk Anda memilih cara pertama yang kami sebutkan di awal. Yaitu dianjurkan Anda membeli bibit cempaka di toko bibit bunga karena kualitasnya juga sudah bisa dipastikan baik. Dengan demikian Anda hanya perlu menanam dan merawatnya saja.

Cara menanam Bunga Cempaka lewat media tanam yang baik 

Langkah yang paling penting dalam menanam bunga cempaka adalah menyiapkan media tanam yang tepat untuk bibit yang sudah disiapkan. Cara mudah dan praktis dalam penanamannya sebagai berikut :

  • Anda tidak harus menanam bunga kantil secara langsung di lahan pekarangan atau di taman rumah sebagai media tanamnya. Jika memang lahan Anda tidak memungkinkan untuk berkebun, Anda bisa tanam bunga kesayangan Anda di pot.
  • Cara menanam bibit bunga cempaka di pot juga sangat mudah. Pertama Anda campurkan tanah, pupuk kandang dan juga pasir. Perbandingan pencampuran ini kurang lebih dengan takaran 1 : 1 : 1.
  • Masukkan kemudian tanah campuran ke dalam pot. Upayakan agar Anda memilih pot dengan ukuran besar dan sisakan ruang setinggi 15 cm agar tanah tidak sampai tumpah ketika Anda akan memindahkan potnya.
  • Anda bisa membuat lubang tanam dan buka polybag pada bibit secara perlahan agar akarnya tidak mengalami kerusakan. Kemudian masukkan ke dalam lubang dan tutup dengan menggunakan tanah.
  • Jangan lupa untuk Anda padatkan area tanamnya sedikit agar bibit cempaka bisa berdiri kokoh.
  • Letakkan pot di tempat yang agak teduh sekitar 2 bulan. Kemudian Anda baru bisa pindahkan di ruang terbuka pot tersebut diatas waktu 2 bulan.

Jika kebetulan rumah Anda punya lahan yang luas dan Anda ingin tanam bibit bunga cempaka secara langsung di tanah, disini kami juga akan berikan langkah – langkahnya. Langkah  – langkah menanam bibit cempaka secara langsung sebagai berikut ini :

  • Pilih lokasi tanam yang mudah untuk dijangkau dan bersih dari limbah.
  • Lakukan proses penggemburan dan pemupukan tanah secara bersamaan agar tanah ternutrisi dengan baik sehingga dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman pada akhirnya.
  • Buat lubang tanam dengan ukuran sebesar 50 x 50 x 50 cm kemudian masukkan bibit cempaka yang sudah dibuka polybag atau plastiknya.
  • Selanjutnya terakhir, Anda perlu tutup lubang dengan tanah yang sama dan padatkan. Buat juga gundukan tanah untuk membantu mencegah terjadinya penyusutan tanah ketika hujan atau ketika dilakukan penyiraman.

Cara Merawat Bunga Cempaka terbaik setelah ditanam

Setelah Anda tanam, perawatan atas tanaman yang sudah Anda tanam juga penting menjadi perhatian. Untuk tanaman cempaka, langkah perawatan yang bisa Anda lakukan sebagai berikut :

  • Lakukan penyiraman secara rutin utamanya ketika musim kemarau tiba untuk bibit yang baru ditanam. Jika pohon sudah berumur 1 tahun maka Anda bisa siram seperlunya saja.
  • Pemupukan lanjutan bisa Anda lakukan di awal musim hujan serta menjelang musim kemarau. Sembari Anda melakukan pemupukan, Anda juga bisa melakukan penyiangan untuk menjaga kebersihannya.
  • Lakukan juga pemangkasan setiap tahun dan semprot dengan menggunakan pestisida kemudian beri obat tanaman dalam mengatasi hama dan penyakit yang menyerang.
  • Bunga cempaka bisa Anda panen sekitar 1 tahun setelah masa tanam. Untuk memanennya Anda bisa lakukan di waktu sore hari untuk menjaga bunga tetap dalam kondisi segar.

Itulah berbagai jenis bunga cempaka dan cara budidayanya yang penting Anda tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda khususnya para pecinta bunga.

Leave a Comment